Siaga Banjir, Ini Daftar Survival Kit yang Harus Disiapkan

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 01 Jan 2020 19:02 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Awal tahun 2020 disambut dengan hujan deras di sejumlah daerah. Sayangnya, hujan lebat yang mengguyur sejak malam hingga pagi menyebabkan genangan air bahkan banjir. Meski libur tahun baru banyak orang harus tinggal di rumah karenanya. Sedang musim hujan, Anda perlu siaga banjir dan menyiapkan sejumlah survival kit untuk menanggulangi keadaan-keadaan darurat. Berikut barang-barang yang harus disediakan sebagai persiapan banjir.


Makanan
Banjir bukan hanya mengotori rumah tapi juga menghalangi aktivitas dan seringkali menutup akses. Ketika harus tinggal di rumah dan tidak bisa memasak atau membeli, pasokan makanan tentu perlu disiapkan.

Sebelum terjadi banjir ada baiknya menyediakan bahan makanan instan tapi tetap tinggi energi, misalnya buah kering, kacang-kacangan, protein bar, atau granola. Bisa juga menyimpan bahan-bahan makanan beku yang mudah diolah ketika dibutuhkan. Selain makanannya pastikan jika alat-alatnya pun tersedia.

Siaga Banjir, Ini Daftar Survival Kit yang Harus DisiapkanFoto: iStock


Air Bersih/Minum
Tak jarang banjir membuat pasokan air bersih menjadi surut. Karena itu, penting pula memiliki satu galon besar untuk menyimpan air bersih untuk sekedar mencuci muka. Tentunya siapkan pula beberapa botol air minum sebagai persiapan banjir.

Pertolongan Pertama
Selain makanan dan minuman, survival kit lain yang diperlukan adalah alat P3K. Pastikan jika keluarga Anda memiliki obat-obatan dan pertolongan pertama yang sekiranya dibutuhkan. Selain itu, sediakan pula ekstra pembalut untuk wanita dan popok untuk bayi jika diperlukan.

Baju Bersih
Sebagai salah satu persiapan banjir, perlu juga disiapkan sejumlah baju. Jika bisa, sediakan baju hangat atau baju lengan panjang untuk menghindari Anda kedinginan. Kalau biasanya Anda harus mengungsi ketika banjir, kumpulkan baju dalam sebuah tas agar mudah untuk dibawa saat keadaan darurat.

Siaga Banjir, Ini Daftar Survival Kit yang Harus DisiapkanFoto: Istimewa


Alat-alat Darurat
Saat banjir sering kali terjadi keadaan-keadaan ekstrem yang membuat Anda perlu menyiapkan sejumlah alat survival. Situasi seperti mati listik hingga harus naik ke atap rumah untuk mencari pertolongan mungkin bisa terjadi. Karenanya, alat-alat darurat berikut perlu dikumpulkan:

- Senter dengan ekstra baterai
- Korek api (disimpan di dalam tempat tahan air)
- Kertas besar dan pulpen
- Powerbank terisi penuh
- Pisau kecil
- Tali
- Lakban
- Uang tunai

Dokumen Keluarga Penting
Jangan lupa pula untuk menyimpan dan mengamankan dokumen-dokumen penting keluarga. Mulai dari KTP, kartu keluarga, akta lahir, buku tabungan, ijazah, dan lain-lain sebaiknya disimpan di tempat yang tak mungkin basah atau hanyut. Jika harus meninggalkan rumah, dokumen-dokumen tersebut ada baiknya ikut dibawa.

Simak Video "164 Desainer Bakal Unjuk Gigi di Fashion Show Virtual 'ISEF 2020'"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/kik)