Guys, Kamu Bisa Pantau Titik Banjir Jakarta Lewat 6 Akun Twitter Ini

Eny Kartikawati - wolipop Rabu, 01 Jan 2020 11:00 WIB
Banjir Jakarta di Tahun Baru 2020. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Hujan terus-menerus yang terjadi sejak malam Tahu Baru 2020 hingga pagi hari ini Rabu (1/1/2020) menyebabkan sebagian besar wilayah di Jakarta kebanjiran. Kamu yang tinggal di Jakarta Timur, menurut Kepala Seksi Operasional Sudin Damkar Jakarta Timur, Gatot Sulaiman, setidaknya ada 10 lokasi di daerah kamu yang warganya harus dievakuasi karena banjir. Wilayah-wilayah tersebut di antaranya RT 006 RW 09 Kayu Putih, Pulogadung, RW 003 dan 004, Cipinang Melayu, Makasar dan RT 01, RW 09, Pondok Kelapa, Duren Sawit.

Sedangkan di wilayah Jakarta Selatan, banjir juga terjadi di sejumlah titik. Ada tujuh titik daerah di Jakarta Selatan yang mengalami banjir di atas satu meter. Wilayah-wilayah tersebut di antaranya Kemang Utara, Jatipadang dan Petogogan.

Daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara yang sudah menjadi langganan banjir juga tak bisa dilewati. "Banjir di traffic light Perintis Kemerdekaan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Bagi kendaraan sejenis sedan diimbau agar tidak melintas," demikian TMC Polda Metro Jaya menyampaikan lewat akun Twitternya, Rabu (1/1/2020) pukul 06.11 WIB.



Banjir di Jl. Rasuna Said, Kuningan.Banjir di Jl. Rasuna Said, Kuningan. Foto: Farih/detikcom



Apakah kamu termasuk yang rumahnya terdampak banjir? Bagi kamu yang rumahnya berisiko mengalami banjir, kamu bisa memantau kondisi terkini banjir Jakarta dan wilayah sekitarnya melalui enam akun Twitter berikut ini. Akun-akun Twitter berikut cukup aktif menginformasikan kondisi banjir di sejumlah wilayah Jakarta. Informasi yang disampaikan akun-akun Twitter tersebut juga bermanfaat untuk kamu yang berencana berpergian di Tahun Baru. Berikut enam akun Twitter untuk memantau banjir Jakarta:

1. Traffic Management Centre Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (@TMCPoldaMetro)
2. BPBD DKI Jakarta (@BPBDJakarta)
3. Dinas SDA Jakarta (@DinasSDAJakarta)
4. Radio Sonora (@SonoraFM92)
5. Radio Elshinta (@RadioElshinta)
6. Info Jakarta (@infojakarta).

Selain melalui enam akun Twitter tersebut, kamu juga bisa tetap update seputar banjir Jakarta hari ini melalui aplikasi bernama Pantau Banjir. Aplikasi Pantau Banjir merupakan buatan dari Unit Pengelola Jakarta Smart City. Melalui aplikasi tersebut, kamu bisa memperoleh informasi tentang kondisi perairan di DKI Jakarta. Aplikasi ini bisa digunakan pada perangkat smartphone dengan sistem operasi berbasis Android.

Stay safe ya guys!




Simak Video "Hampers Bisa Jadi Solusi Hidangan Resepsi New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)