Bau Hingga Piring Kotor, 10 Hal yang Dinilai Tamu Saat Datang ke Rumah

Rahmi Anjani - wolipop Minggu, 03 Nov 2019 16:09 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Akhir pekan sering kali ada teman, keluarga, atau tetangga yang berkunjung ke rumah. Meski tak bilang apa-apa bukan berarti mereka tidak memperhatikan isi rumah dan menilainya. Berdasarkan penelitian, seorang tamu paling tidak memperhatikan 10 aspek saat bertandang ke kediaman orang. Bau dan temperatur rumah pun menjadi hal-hal pertama yang mereka nilai.

Anda mungkin tak selalu punya waktu dan tenaga untuk memberesi rumah dengan maksimal. Ketika tamu datang, pasti ada perasaan was-was jika saja mereka menganggapnya kotor dan berantakan. Sebuah penelitian dilakukan VEKA pun mengungkap bahwa memang benar tamu akan diam-diam menilai rumah Anda. Mereka hanya butuh 38 detik untuk menyadari banyak hal, mulai dari bau, kebersihan, hingga cucian piring.

Berdasarkan survei yang dilakukan kepada 3,000 orang dewasa, 42% tamu akan menilai ketika mereka berkeliling rumah. 36% bakal memberi opini (yang mungkin tidak diutarakan) mengenai tampilan luar dan dalamnya. Tapi tak perlu juga terlalu khawatir karena tiga dari 10 bisa saja mengganti opini mereka pada kesempatan bertamu berikutnya. Karena itu, masih ada kesempatan untuk memperbaiki imej jadi mari bersih-bersih.

Bau Hingga Piring Kotor, 10 Hal yang Dinilai Tamu Saat Datang ke RumahFoto: Istock

"Rumah kita tentu sangat personal bagi kita dan dalam banyak cara adalah representasi gaya kita. Jadi ada perasaan ketika kita kedatangan tamu bahwa kita membuka diri untuk dikritik dan dinilai. Tapi orang tidak perlu gelisah mengenai apa yang orang lain pikir atau tidak, yang pasti opini pemilik rumah adalah yang paling penting," ungkap perwakilan NEVA.

Meski rumah berantakan atau sedikit kotor, para pemilik rumah tetap bisa menjamu tamu dengan baik melalui cara-cara lain. Berdasarkan riset, 23% orang akan mengeluarkan bunga agar pemandangan dan wanginya lebih sedap. Sepertiga responden akan menggunakan lilin atau pengharum ruangan. Tiga dari 10 orang akan membeli makanan dan minuman enak.

Riset juga mengungkap apa yang biasanya orang lakukan saat tahu ada orang lain yang akan main ke rumah. Ketika tamu akan datang, 50% responden pun biasanya akan membersihkan lantai, 48% akan menyembunyikan barang-barang yang terlihat berantakan dalam lemari, enam dari 10 orang bahkan melakukan bersih-bersih yang lebih maksimal jika tamu itu pertama kali datang ke rumah.
Bau Hingga Piring Kotor, 10 Hal yang Dinilai Tamu Saat Datang ke RumahFoto: Facebook Renegade Mothering

Berikut 10 hal yang biasanya diperhatikan orang ketika bertamu ke rumah.

1. Aroma di dalam rumah
2. Temperatur rumah
3. Apakah rumah sudah disapu/divakum
4. Kenyamanan furniturnya
5. Cucian/piring kotor
6. Jendela yang kotor
7. Koleksi buku (seperti apa buku-buku yang dibaca pemilik rumah)
8. Bagaimana furnitur ditata atau disimpan
9. Warna dinding
10. Perabotan yang berdebu

Simak Video "Tips Otak-atik Ruangan Rumah Jadi Lebih Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/hst)