Kehabisan Lilin Saat Mati Lampu, Ini 5 Cara Mudah Bikin Lilin Sendiri

Vina Oktiani - wolipop Senin, 05 Agu 2019 19:31 WIB
Tips membuat lilin sendiri di rumah. Foto: iStock Tips membuat lilin sendiri di rumah. Foto: iStock

Jakarta - Hari ini di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya masih terjadi pemadaman listrik bergilir akibat adanya gangguan pada Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) di Pemalang. Artinya kamu masih harus menyiapkan stok lilin di rumah. Bagi kamu yang sudah kehabisan stok lilin untuk persiapan mati lampu, bisa mencoba membuat lilin sendiri di rumah. Berikut ini tips mudah untuk membuat lilin dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah.

1. Kulit Keju Edam dan Kertas Koran

Kehabisan Lilin Saat Mati Lampu, Ini 5 Cara Mudah Bikin Lilin SendiriFoto: Youtube

Kupas bagian kulit keju edam yang berwarna merah lalu sisihkan. Setelah itu ambil kertas koran, potong sedikit lalu gulung sampai kecil hingga menyerupai sumbu. Langkah selanjutnya ialah mengambil kulit keju edam yang telah disisihkan, lalu gulung kembali koran yang telah digulung dengan menggunakan kulit keju edam. Jadikan koran sebagai sumbu untuk menyalakan lilin. Setelah itu lilin siap untuk dinyalakan.

2. Mentega dan Tali Katun

Kehabisan Lilin Saat Mati Lampu, Ini 5 Cara Mudah Bikin Lilin SendiriFoto: Youtube

Potong mentega padat ke dalam bentuk segi empat, lalu lubangi bagian atas mentega dengan obeng. Setelah itu isi bagian yang telah dilubangi dengan tali katun sebagai sumbu untuk lilin. Olesi sedikit tali katun dengan mentega agar lilin bisa menyala dengan baik.



3. Tuna Kalengan dan Tali Katun

Kehabisan Lilin Saat Mati Lampu, Ini 5 Cara Mudah Bikin Lilin SendiriFoto: Youtube

Siapkan tuna kalengan dan tali katun. Kemudian lubangi bagian tengah kaleng dengan obeng tanpa perlu mengeluarkan isi dari tuna kalengan tersebut. Setelah itu letakkan tali katun pada bagian yang telah di lubangi untuk dijadikan sumbu. Potong tali katun agar tidak terlalu panjang. Setelah itu lilin dari tuna kalengan dapat dinyalakan.

4. Crayon Lilin

Kehabisan Lilin Saat Mati Lampu, Ini 5 Cara Mudah Bikin Lilin SendiriFoto: Youtube

Siapkan crayon. Pastikan crayon yang kamu gunakan adalah crayon lilin ya. Caranya sangat mudah, cukup dengan menyalakan api pada bagian atas crayon. Proses ini membutuhkan waktu dan setelah menyala, lilin crayon siap menjadi alat penerangan. Namun perlu diperhatikan bahwa lebih baik lilin crayon dinyalakan di luar ruangan karena akan ada gas beracun yang keluar dari krayon tersebut.

5. Kulit Jeruk Sunkist

Kehabisan Lilin Saat Mati Lampu, Ini 5 Cara Mudah Bikin Lilin SendiriFoto: Youtube

Belah jeruk Sunkist menjadi dua bagian dan pastikan bagian kepala jeruk tetap berada di bagian tengah. Lalu pisahkan antara daging jeruk dan kulit jeruk. Pisahkan dengan perlahan dan pastikan bagian tengah serat jeruk sunkist tidak terpotong. Setelahnya tuangkan minyak zaitun ke dalam kulit jeruk, dan gunakan serat tengah dari kulit jeruk sebagai sumbu untuk menyalakan.

Demi keamanan, pastikan kamu meletakkan lilin - lilin buatanmu sendiri ini di permukaan yang rata sehingga tak mudah terjatuh saat dinyalakan. Segera ganti lilin yang sudah hampir habis meleleh. Jangan lupa pula mematikannya ketika listrik sudah menyala.


Simak Video "Mantap! Limbah Paralon Disulap Jadi Miniatur Kereta"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)