Melihat Rumah BJ Habibie, Ada Garasi Mobil Mirip Parkiran Mal

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 09 Jul 2019 13:51 WIB
BJ Habibie saat menggelar acara buka puasa bersama di rumahnya. (Foto: Reno Hastukrisnapati Widarto) BJ Habibie saat menggelar acara buka puasa bersama di rumahnya. (Foto: Reno Hastukrisnapati Widarto)

Jakarta - Rumah mencerminkan kepribadian pemiliknya. Seperti hunian milik Presiden ke-3 RI BJ Habibie yang berada di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Di sela proses syuting film 'Ainun' yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo, istrinya, Zaskia Adya Mecca, sempat memperlihatkan isi rumah BJ Habibie lewat sebuah video di channel YouTube The Bramantyos.


Bagian depan rumah Habibie.Bagian depan rumah Habibie. (Foto: YouTube/The Bramantyos)
Pada awal video, Zaskia menjelaskan rumah pria yang akrab disapa Eyang Habibie itu merupakan gabungan dari empat rumah. Tur singkat itu dimulai dari sebuah foyer pada bagian depan rumah yang berlantaikan marmer. Menariknya, bagian tengah lantai tersebut dihiasi gambar peta Indonesia dalam lingkaran besar.

"Aku dulu selalu diceritain, ini ada filosofinya. Eyang bisa setengah jam sendiri menceritakan tentang ini," kata Zaskia sambil menunjuk lantai tersebut. Rasa Indonesia semakin terasa berkat pajangan berbentuk gunungan wayang yang menempel di dinding foyer.

Lantai foyer rumah Habibie.Lantai foyer rumah Habibie. (Foto: YouTube/The Bramantyos)


Zaskia lalu pindah ke sebuah ruangan di sebelah foyer yang dihiasi lukisan besar Eyang Habibie bersama mendiang istrinya, Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie. Di salah satu sudutnya, terdapat sebuah mesin jahit berkotak kayu peninggalan sang istri.

Zaskia lantas menuju perpustakaan sembari melewati kolam ikan yang terbuat dari kaca. Adapun ruang perpustakaan hadir dalam gaya keraton dengan material kayu berhiaskan ukiran-ukiran Jawa yang mendominasi.

Pajangan gunungan wayang dari emas.Pajangan gunungan wayang dari emas. Foto: YouTube/The Bramantyos

Koleksi buku Habibie begitu banyak. Saking banyaknya, lemari buku sampai terdiri dari dua lantai. Perpustakaan itu Selain koleksi buku yang masif, ruangan yang juga difungsikan untuk menjamu tamu penting itu memperlihatkan salah satu terobosan penting Habibie dalam sejarah aviasi Indonesia. Terdapat miniatur-miniatur pesawat produk IPTN (sekarang Dirgantara Indonesia) besutan Habibie. "Mau bikin pesawat? Semoga bisa ya?" kata Zaskia kepada anaknya, Bhai Kaba.

Perpustakaan dua lantai di rumah Habibie.Perpustakaan dua lantai di rumah Habibie. Foto: YouTube/The Bramantyos


Dari perpustakaan, tur berlanjut ke garasi rumah di lantai basement yang bikin Zaskia tercengang. "Kita lihat parkirannya. Ini parkirannya kaya di molll!" seru kakak Haykal Kamil itu. Tampak sejumlah mobil antik keluaran Mercedes-Benz diparkir di garasi nan luas tersebut.

Kembali ke lantai atas, Zaskia lalu mengajak subscriber-nya ke rumah keluarga besar. Bak galeri, hampir di setiap sudut ruangannya dihiasi benda-benda seni. "Tuh kalau bisa jadi orang sehebat Eyang Habibie, bukan gak mungkin punya rumah sekeren ini," ujarnya.

Garasi rumah Habibie yang seperti parkiran mal.Garasi rumah Habibie yang seperti parkiran di mal. (Foto: YouTube/The Bramantyos)




Simak Video "Tips Bisnis Ala Zaskia Mecca"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)