4 Langkah Mudah Menghilangkan Noda Darah Menstruasi di Kasur

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 06 Jul 2019 10:09 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Hari-hari pertama biasanya menjadi masa 'kritis' bagi wanita yang sedang menstruasi. Darah haid biasanya keluar lebih banyak pada periode awal menstruasi, risiko untuk 'tembus' pun lebih tinggi meskipun sudah memakai pembalut tebal.

Tantangan bisa jadi lebih sulit di malam hari ketika tidur. Saat terlelap, biasanya wanita tidak sadar akan pergerakan tubuhnya. Hal itu bisa mengakibatkan pembalut bergeser sehingga berisiko darah haid merembes dan menodai kasur.


Jika sudah kejadian, apa yang bisa dilakukan?

Noda darah umumnya sulit dibersihkan, terlebih lagi jika dibiarkan terlalu lama. Tapi jangan khawatir, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda darah menstruasi yang membandel.

1. Hindari Penggunaan Air Panas
Seperti dilansir Reader's Digest, air panas tidak disarankan untuk menghilangkan noda darah. Sering kali dianggap bisa 'melarutkan' noda, air panas justru akan membuat noda darah makin menempel pada bahan matras dan jadi lebih sulit dihilangkan.

Cukup gunakan air dingin atau air dengan suhu ruangan saat akan membersihkan noda darah dari kasur.

2. Gunakan Tepung Jagung
Anda bisa membuat pembersih sendiri dengan menggunakan tepung jagung. Tuangkan 1/2 cangkir tepung jagung ke dalam mangkok, 1/2 cangkir hidrogen peroksida dan satu sendok makan garam. Aduk semuanya hingga rata dan membentuk seperti pasta.

3. Oleskan Pasta Tepung Jagung ke Noda Darah
Setelah menjadi pasta, oleskan campuran tepung jagung ke area yang bernoda lalu diamkan selama setengah jam. Kemudian gosok noda menggunakan sikat gigi bekas.


4. Gosok dengan Handuk
Setelah disikat, bersihkan menggunakan air dingin dan handuk/kain bersih dengan cara ditekan sambil digosok pelan-pelan. Cara ini berfungsi membersihkan sisa pembersih sekaligus mengangkat noda darah.

Jika belum bersih total, ulangi prosesnya beberapa kali lagi sampai mendapatkan hasil yang diinginkan. Setelah itu biarkan kasur mengering, baru tutup lagi dengan seprai.

Selamat mencoba, semoga berhasil!

Simak Video "NGOBS KUY! Ciri-ciri Cewek PMS"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/kik)