Hari Minggu, Bersihkan 6 Perabotan Rumah yang Diam-diam Menyimpan Kuman Ini

Eny Kartikawati - wolipop Minggu, 30 Jun 2019 14:19 WIB
Foto: Ilustrasi/thinkstock Foto: Ilustrasi/thinkstock

Jakarta - Lemari es yang tampak bersih belum tentu di baliknya juga bersih. Isi kulkas dapat menyembunyikan banyak mikroorganisme berbahaya, termasuk E. coli, salmonella. Menurut USA Today, bakteri ini dapat menyebabkan gejala keracunan makanan mulai dari sakit perut hingga sesuatu yang lebih parah, seperti gagal ginjal. Dan bukan hanya kulkas, ada beberapa perabotan rumah tangga lainnya yang diam-diam ternyata menjadi tempat tinggal kuman dan bakteri. Agar keluarga kamu tidak mudah sakit, rutinlah membersihkan enam perabotan rumah berikut ini setiap hari Minggu atau sepekan sekali:

1. Kulkas

Hari Minggu, Bersihkan 6 Perabotan Rumah yang Diam-diam Menyimpan Kuman IniFoto: iStock

Kulkas termasuk salah satu perabotan yang perlu dibersihkan di hari Minggu. Anda tentu setiap hari menggunakan kulkas untuk menyimpan bumbu masak, makanan, serta minuman. Beragam aroma bercampur menjadi satu dan bila didiamkan akan muncul bau tak sedap. Oleh sebab itu, penting membersihkan sekaligus menata ulang isi kulkas setiap minggu demi menjaga kebersihannya. Keluarkan semua isi kulkas terlebih dahulu.

Bersihkan seluruh sudut kulkas menggunakan lap basah dan air perasan lemon. Atur penataannya, yang memiliki aroma menyengat tidak dicampur dengan makanan lain yang tak berbau. Simpan makanan beraroma di dalam laci kulkas agar baunya tidak mencampuri makanan atau minuman lain.

2. Kipas Angin

Hari Minggu, Bersihkan 6 Perabotan Rumah yang Diam-diam Menyimpan Kuman IniFoto: iStock

Kipas angin juga penting dibersihkan setiap minggu. Kebersihannya perlu dijaga demi kesehatan diri sendiri dan keluarga Anda. Bila tidak dibersihkan, kipas angin mudah berdebu dan bisa menjadi sumber penyakit.

3. Microwave

Hari Minggu, Bersihkan 6 Perabotan Rumah yang Diam-diam Menyimpan Kuman IniFoto: iStock

Tak lupa membersihkan microwave yang biasa dipakai menghangatkan makanan. Ambil mangkok besar yang sudah berisi air. Peras lemon dan tambahkan cuka. Masukkan mangkok tersebut ke dalamnya dan nyalakan microwave.

Setelah itu keluarkan mangkok tersebut dan diamkan hingga dingin selama kurang lebih 15 menit. Gosok seluruh permukaan micorwave menggunakan air perasan lemon dan cuka. Rutin membersihkan microwave membuat perabotan Anda lebih awet.


4. Tempat Duduk Toilet

Hari Minggu, Bersihkan 6 Perabotan Rumah yang Diam-diam Menyimpan Kuman IniFoto: Dok. Xinhuanet

Menurut penelitian, tempat duduk toilet menjadi salah satu lokasi bersarangnya virus dan kuman. Jika Anda tidak ingin sakit maka bisa rutin membersihkannya setiap hari Minggu. Cara membersihkannya, tuang cairan pembersih toilet dan gosok menggunakan sikat dalam waktu yang cukup lama. Siram dua hingga tiga kali untuk memastikan tempat duduk toilet sudah bersih.

5. Meja Kerja & Belajar Anak

Hari Minggu, Bersihkan 6 Perabotan Rumah yang Diam-diam Menyimpan Kuman IniFoto: ilustrasi/thinkstock

Saat memanfaatkan hari Minggu untuk membereskan rumah, tak lupa membersihkan dan mengatur meja kerja serta belajar anak. Rapikan buku-buku di atas meja dan bersihkan memakai lap basah. Sebelum permukaannya di tumpuk kembali dengan buku sebaiknya ambil lap kering terlebih dahulu. Pakailah rak kecil atas penyangga khusus untuk mengatur buku Anda.

6. Lemari Baju

Hari Minggu, Bersihkan 6 Perabotan Rumah yang Diam-diam Menyimpan Kuman IniFoto: Istimewa

Lemari baju sering lupa dibersihkan karena sudah banyak pakaian di dalamnya. Sesekali ambil waktu di hari Minggu untuk membersihkan serta merapikannya. Tidak lupa menambahkan pewangi lemari agar baju yang sudah lama tidak dipakai tak bau.



Simak Video "Tulang-tulang Hewan Ini Disulap Jadi Jam Tangan Kece"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)