Dikira Menang Lelang Rumah Murah, Pria Ini Syok saat Tahu Bentuk Sebenarnya

Hestianingsih - wolipop Minggu, 23 Jun 2019 13:03 WIB
Ilustrasi rumah terjual. (Foto: iStock) Ilustrasi rumah terjual. (Foto: iStock)

Spring Lake - Kerville Holness merasa telah mendapatkan penawaran terbaik dengan membeli sebuah villa seharga USD 9,100 atau sekitar Rp 128 juta melalui lelang online. Tapi keberuntungan itu tak berlangsung lama, setelah dia menyadari kalau ternyata bukan villa yang ia beli.

Alih-alih villa senilai USD 177 ribu (Rp 2,5 miliar) pria asal Florida tersebut ternyata membayar ratusan juta rupiah hanya untuk sebidang lahan rumput yang hanya selebar telapak kaki. Bidang kecil sepanjang 30 meter itu 'kebetulan' berada di tengah-tengah halaman antara kedua rumah, yang dikira Kerville, salah satunya berhasil ia menangkan dalam lelang.


Dikira Menang Lelang Rumah Murah, Pria Ini Syok Saat Tahu Bentuk SebenarnyaIlustrasi rumah terjual. (Foto: iStock)
Sebidang rumput itu berada di antara dua bangunan di Northwest 100th Way di Spring Lake, Florida, memanjang dari kotak pos hingga garasi di bagian belakang rumah. Sialnya lagi, lahan tersebut ternyata hanya bernilai USD 50 atau Rp 700 ribuan.

Meskipun jadi korban penipuan, pihak berwajib mengatakan tidak ada yang bisa dilakukan Kerville Holness untuk mendapatkan kembali uangnya. Kerville sendiri diketahui baru pertama kali mengikuti lelang online.

"Ini penipuan. Tidak ada garis batas yang menunjukkan kalau itu hanya sebuah 'garis' yang memanjang di area villa, meskipun mereka seharunya punya perangkat untuk menunjukkannya," kata Kerville kepada media lokal Sun Sentinel, seperti dilansir Daily Mail.
Dikira Menang Lelang Rumah Murah, Pria Ini Syok Saat Tahu Bentuk SebenarnyaFoto: Sun Sentinel
Kerville mengatakan bisa saja ia balas dendam dengan membuat palang atau pembatas agar bisa mendapatkan hak yang telah dibayarkannya, yakni sebidang lahan rumput setapak tersebut. Namun niat itu diurungkannya.

"Buat apa juga gunanya untuk saya?" tukasnya.

Dia mengungkapkan bahwa foto tersebut terhubung ke situs pelelangan yang menunjukkan sebuah villa sebagai salah satu barang yang akan dilelang. Namun telah dijelaskan juga bahwa bangunan villa yang dimaksud memang tidak ada nilainya. Hanya properti lahan rumput seluas telapak kaki manusia sepanjang 30 meter yang dilelang.

Akibat tidak teliti, Kerville pun 'terjebak' membeli lahan yang tidak berguna itu. Kini pihak berwajib hanya bisa mengeluarkan peringatan agar calon-calon partisipan lebih teliti saat ikut lelang properti secara online.

Pihak Pemda Broward County, Florida, memasang peringatan pada situs lelang tersebut agar para investor melakukan riset seteliti mungkin supaya ke depannya tidak ada lagiyang keliru membeli.
Dikira Menang Lelang Rumah Murah, Pria Ini Syok Saat Tahu Bentuk SebenarnyaFoto: Sun Sentinel
"Dia bisa saja menuntut ke pengadilan dan mengungkap memang ada kesalahan pada prosedur penawarannya. Tapi secara umum, dia memang membeli apa yang seharusnya telah dia beli," kata jaksa umum Gary Singer.

Hingga kini belum terungkap jelas kenapa lahan rumput setapak itu tidak dimasukkan jadi satu bagian dari salah satu villa, melainkan tetap menjadi milik developer GHO Tamarac II. Mereka gagal membayarkan pajak sampai batas yang ditentukan untuk dua properti tersebut, sehingga masuk daftar lelang.

Dikira Menang Lelang Rumah Murah, Pria Ini Syok Saat Tahu Bentuk SebenarnyaIlustrasi rumah terjual. (Foto: iStock)
Tina DeFeo adalah pihak yang telah membeli salah satu villa melalui lelang pada April 2019 lalu. Dia pun syok begitu tahu ada seseorang telah membeli lahan setapak yang berada di belakang bangunan tersebut.

"Tidak masuk akal. Aku tidak tahu bagaimana caranya kamu membeli secuil lahan rumput seperti itu," pungkasnya. (dtg/dtg)