Cara Simpel Hilangkan Kerutan di Sneakers Putih Agar Terlihat Seperti Baru

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 02 Jan 2019 10:31 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram

Jakarta - Sneakers warna putih banyak jadi alas kaki andalan pria dan wanita. Meski netral dan terlihat stylish, sneakers putih rentan kurang awet. Warnanya yang terang membuat alas kaki itu mudah terlihat usang ketika kotor dan teksturnya berubah. Anda yang mendapati sneakers atau sepatu kulit lain sudah berkerut, seorang netizen mengungkap cara menghilangkannya yang mungkin akan memudahkan hidup berikut.

Tak selalu harus beli sepatu baru, jika Anda menemukan sneakers putih mulai timbul kerut-kerutan, hal itu masih bisa diatasi. Terkadang material sepatu sporty itu memang kerap berubah tekstur setelah dipakai beberapa lama. Tapi jangan khawatir tampilannya terlihat usang karena dengan cara simpel, sepatu itu bisa kembali seperti baru dengan alat sederhana.

Cara itu disampaikan oleh seorang pengguna Reddit dengan nama akun PartyxDirtyDan. Di situs tersebut, ia mengunggah foto before after sneakers yang awalnya berkerut hingga mulus kembali. Ia pun mengaku hanya menggunakan hair dryer. Perbedaannya pun cukup kentara.

"Coba menggunakan blow dryer untuk Acronym Prestos-ku setelah melihat sebuah postingan mengenai memperbaiki kerutan di sepatu NMD. Bekerja dengan sangat baik!," ungkapnya dalam unggahan Reddit tersebut.

Cara Simpel Hilangkan Kerutan di Sneakers Putih Agar Terlihat Seperti BaruFoto: Reddit/Imgur
Caranya pun hanya dengan memanaskan bagian yang berkerut itu dengan hair dryer. Tapi hati-hati agar tidak terlalu lama. "Ketika kamu melakukan ini pastikan untuk memanaskan area tersebut selama semenit dalam sekali lalu lanjut ke bagian lainnya. Panaskan dengan cara memati-nyalakan (hair dryer) pada area untuk memastikan kamu tidak melelehkan lem di bagian outsole dan upper," kata PartyxDirtyDan.

Pastikan pula jika hairdryer dalam keadaan panas dan jangan langsung disentuh setelahnya. "Setelah kamu memanaskan jangan taruh jarimu di area yang panas sampai mendingin atau kamu bisa meninggalkan sidik jari. Ini adalah proses yang membosankan tapi hati-hati menaruh tanganmu dan arahkan blow dryer dengan hati-hati," tambahnya.

Setelah postingan itu viral, cukup banyak orang mencoba cara ini dan mengaku berhasil mengembalikan sepatu berkerut jadi mulus seperti semula. Beberapa juga memberi tips agar metode tersebut lebih berhasil. "Agar ini benar-benar berhasil kamu harus melakukannya tiga hingga lima kali pada satu area," Ada pula yang menyarankan cara lain. "Gunakan handuk basah pada area berkerut lalu setrika,"
(ami/ami)