Tak Perlu dengan Cara Curang, Ini Trik Agar Tagihan Listrik Lebih Hemat Hingga 80%

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 10 Okt 2018 13:45 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Tagihan listrik menjadi salah satu pengeluaran besar yang sering menguras kantong. Untuk menguranginya, sejumlah orang bahkan melakukan cara-cara curang. Anda yang ingin berhemat, tentu tidak disarankan melakukan cara demikian. Trik hemat bayar listrik dari seorang istri yang dibagikan di Facebook ini pun bisa dicoba.

Seorang wanita bernama Liyana Syazwani beberapa waktu lalu mengunggah temuannya dalam menghemat tagihan listrik. Dalam unggahannya di Facebook, ia mengaku bisa mengurangi pengeluaran bayar listrik bulanan hingga 80%. Tentu tidak secara curang tapi dengan kebiasaan mematikan dan mencabut steker setiap alat elektronik tak digunakan.

"Jika kamu menggunakan kipas angin, cabut steker ketika kamu ingin meninggalkan kamar tidur. Walaupun kamu akan menggunakannya lagi beberapa jam setelahnya. Haha," tulis Liyana dalam unggahan Facebook-nya.

Untuk menghemat tagihan listrik memang perlu lebih banyak usaha dan kesadaran. Liyana pun menyarankan agar Anda tidak menyalakan alat-alat elektronik ketika tidak dibutuhkan terutama ketika malam. Wanita asal Malaysia itu pun selalu mencabut steker alat-alat elektronik di rumah, kecuali kulkas, termos pemanas air, dan pengusir nyamuk.

Awalnya, Liyana memulai kebiasaan ini ketika suaminya pergi bekerja ke luar kota. Ketika sang suami kembali, tagihan pun sempat kembali naik karena ia belum terbiasa dengan cara tersebut. Namun setelah suami sudah terbiasa, pengeluaran tagihan listrik keluarga mereka kembali turun.

Dalam unggahannya terlihat jika pada bulan Juni tagihan listrik keluarga Liyana mencapai lebih dari RM 200 (Rp 3 jutaan). Setelah menerapkan cara mudah hemat listrik tersebut, pada bulan Desember tagihan pun jauh berkurang menjadi RM 39.89 (Rp 600 ribuan).



Tonton juga 'Tips Hemat Belanja Bulanan':



(ami/ami)