Tips Menata Ruang Keluarga Sempit Agar Tetap Nyaman Dipakai Seluruh Keluarga

Hestianingsih - wolipop Kamis, 31 Agu 2017 08:13 WIB
Foto: Hestianingsih/Wolipop
Jakarta - Punya ruang keluarga yang sempit bisa jadi tantangan tersendiri saat menatanya agar tetap nyaman. Terlebih lagi jika anggota keluarga terbilang banyak dan aktivitas terpusat di situ.

Namun ruangan yang kecil bukan jadi penghalang untuk mendapatkan ruang keluarga nyaman. Asal tahu triknya, ruang keluarga berukuran kecil bisa tetap jadi tempat favorit seluruh keluarga. Yuk, simak tipsnya dari Ardan Hanafi, desainer interior sekaligus deputy communications & interior manager IKEA Indonesia.

1. Investasi di Furnitur Multifungsi
Tidak ada salahnya mengeluarkan uang lebih banyak untuk beberapa furnitur yang memiliki dua hingga tiga fungsi. Ardan menyarankan untuk menempatkan sofa yang juga bisa jadi tempat tidur, meja yang bagian atasnya bisa menjadi baki atau meja dengan fungsi penyimpanan di bawahnya.

"Satu furnitur bisa buat berbagai fungsi. Misalnya meja yang bisa dilipat dan dipanjangkan. Makan nggak harus di meja makan bisa di ruang keluarga," ujar Ardan mencontohkan jenis meja yang bisa dilipat dan dipanjangkan saat ingin menggantinya jadi neja makan.

Tips Menata Ruang Keluarga Sempit Agar Tetap Nyaman Dipakai Seluruh KeluargaFoto: Hestianingsih/Wolipop
2. Buat Sudut Khusus untuk Anak
Anak-anak biasanya lebih aktif. Agar aktivitas masing-masing anggota keluarga tidak terganggu meskipun berada di ruangan yang sama, ada baiknya disediakan pojok atau sudut khusus untuk anak. Anda bisa menempatkan bean bag atau karpet bernuansa ceria yang sudah dilengkapi berbagai alat penunjang aktivitas kegemaran anak.

"Pilih perabotan yang aman. Misalnya karpet bisa jadi kuda-kudaan atau meja bisa dibuat mereka jadi rumah-rumahan. Jadi jangan cuma bagus," terang Ardan.

3. Pilih Warna Netral
Tiap anggota keluarga tentu memiliki warna favoritnya masing-masing. Nah, untuk ruang keluarga sebaiknya pilih warna cat dinding yang paling mewakili personaliti keluarga. Amannya, pilihlah warna-warna netral seperti krem, beige, abu-abu muda atau putih. Jika ingin tetap berkreasi dengan warna favorit Anda bisa mengaplikasikannya pada aksesori misalnya bantal hias, karpet, frame foto atau pajangan.

4. Sediakan Personal Space
Ada kalanya anggota keluarga ingin memiliki me time tapi tidak harus selalu di kamar. Pilihlah sudut yang kira-kira paling tepat, lalu tempatkan perabotan atau furnitur di sana. Misalnya sofa kecil dengan meja komputer, ruang kerja mini atau karpet dengan bantal jumbo yang bisa untuk tempat tiduran santai. (hst/ami)