Kebiasaan Sepele yang Ternyata Buat Baju Cepat Rusak

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 04 Okt 2016 17:43 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta -
Banyak orang memilih baju mahal karena dianggap lebih tahan lama. Padahal harga selangit atau kualitas bahan saja belum tentu menjamin busana Anda bisa dipakai dalam jangka waktu lama. Cara merawat dan menyimpan juga berpengaruh besar dalam menjaga ketahanannya. Kadang-kadang orang memang tidak sadar jika cara mereka memperlakukan pakaian ternyata kurang tepat. Agar pakaian Anda bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama, hindari tujuh kebiasaan sepele berikut yang cepat merusak busana:

1. Salah Gantungan
Jangan hanya berinvestasi pada busana bagus dari merek ternama. Agar busana tersebut tahan lama, berinvestasi pula pada hanger atau gantungan baju yang berkualitas. Sesuaikan pula gantungan dengan pakaiannya. Misalnya gantungan besi tipis untuk dress dan blouse yang tidak lebar di bagian leher. Sedangkan gantungan dengan 'pundak' lebar baik untuk jas.

2. Terlalu Penuh di Lemari
Kebiasaan lain yang membuat baju cepat rusak adalah menyimpannya di lemari penuh. Ketika busana saling menindih atau berhimpit di tempat yang sempit, hal tersebut akan membuatnya jadi berlipat-lipat kemudian tidak tahan lama. Menurut Mindy Godding, jarak antar busana yang disarankan adalah seperempat inch.

"Tip bagus lain adalah jika kamu menaruh gantungannya bolak balik. Tetapi jika kamu membuka lemari dan harus menarik gantungan, itu adalah indikasi lemari kepenuhan," ungkap co-owner dari Abundance Organizing tersebut kepada Huffington Post.

3. Menggantung Sweater
Mindy mengatakan jika sweater tidak seharusnya digantung seperti kemeja. Hal tersebut bisa membuat berat dari material busana melebar dan longgar di bagian pundak. Disarankan untuk melipatnya menjadi dua kemudian masukkan bagian lengannya ke dalam. Setelah itu baru digantung di hanger.

4. Semuanya Digantung
Agar baju tidak cepat rusak, jangan menggantung semuanya. Kaus kaki, bra, dan pakaian olahraga sebaiknya dilipat dan disimpan dalam laci saja. Selain agar busana lebih tahan lama, cara ini baik dilakukan agar gantungan tidak terlalu penuh.

5. Sering Dry Cleaning
Dry Cleaning memang bisa membuat baju terlihat rapi dan bersih. Tapi hindari melakukannya terlalu sering karena dapat membuatnya cepat rusak. Untuk busana-busana yang memang berat, Ann Sullivan selaku pemilik Ann Sullivan Organizing menyarankan agar Anda membersihkannya dengan sikat khusus pakaian setelah terkena debu, kotoran, atau makanan.

6. Pakai Plastik
Untuk menjaga busana agar tahan lama, banyak orang menyimpannya dalam plastik. Setelah di-laundry sebaiknya plastik tersebut dibuang saja agar busana bisa bernapas. Apalagi baju yang di-dry cleaning sering masih hangat ketika dimasukkan ke plastik sehingga plastik tersebut masih beruap dan lembap yang bisa merusak material pakaian.

7. Rawat Pakaian Musim Dingin
Anda mungkin punya beberapa busana musim dingin untuk liburan. Ketika tidak dipakai, hindari membiarkannya terlalu lama disimpan dalam lemari. Sebaiknya sesekali keluarkan busana. angin-anginkan lalu lipat atau simpan lagi seperti biasa. (sra/sra)