6 Tips Percantik Lantai Rumah Agar Tidak Monoton

Intan Kemala Sari - wolipop Rabu, 13 Jul 2016 08:41 WIB
Foto: dok. Farrow & Ball
Jakarta - Lantai rumah yang polos dapat terkesan monoton dan membuat tampilan keseluruhan rumah terlihat kurang menarik. Jika Anda berencana mendekor ulang rumah Anda, tak ada salahnya simak enam tips mempercantik lantai rumah dari perusahaan pembuat cat asal Inggris, Farrow & Ball seperti dikutip dari InStyle.

1. Sekat Lantai

Cobalah untuk memberikan warna pembeda antara bagian ruangan yang tidak dipisahkan oleh dinding. Misalnya, antara ruang makan dan ruang keluarga yang dilapisi lantai warna biru tua, letakkan lantai bernuansa biru muda di antaranya.

2. Lantai Warna Pucat

Lantai berwarna pucat seperti putih atau abu-abu terang dapat memantulkan cahaya di sekeliling rumah dan dapat membuat ruangan terlihat lebih terang. Untuk mendapatkan cahaya yang maksimal, cat pula pintu dengan warna yang sama dengan lantai dan dinding agar senada.

3. Lantai Warna Terang

Semakin besar ukuran lantai, makan semakin besar pula efek yang dihasilkan pada sebuah rumah. Cobalah pilih lantai dengan warna terang seperti warna kuning tua dengan dinding warna putih agar terlihat kontas. Letakkan pula hiasan dekoratif lain yang tidak terlalu berlebihan agar ruangan rumah tampak lebih hidup.

4. Ilusi Ruangan dengan Lantai Warna Gelap

Meskipun terlihat kontras, namun menggunakan warna gelap pada lantai dapat membuat ruangan terlihat lebih luas. Jika Anda ingin menerapkan hal ini, pastikan bahwa dinding dicat dengan gradasi warna lebih terang dari warna lantai.

5. Desain Atraktif

Tonjolkan detail kecil dari ruangan Anda dengan desain-desain yang menarik perhatian agar ruangan tidak monoton. Misalnya, hiasi lantai dengan stiker garis-garis atau karpet kecil yang menarik perhatian.

6. Permainan Warna Kontras

Tak ada salahnya coba membedakan warna lantai sebuah ruangan dengan ruangan lainnya dengan warna kontras. Misalnya lantai kayu berwarna putih untuk bagian luar ruangan dan lantai kayu nuansa abu-abu gelap untuk ruang perpustakaan. (int/ays)