Liputan Khusus Persiapan Lebaran

Packing Barang untuk Mudik Lebih Praktis dengan 6 Cara Ini

Intan Kemala Sari - wolipop Jumat, 01 Jul 2016 15:46 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Mengemas barang-barang yang akan dibawa mudik seolah menjadi pekerjaan rumah yang sulit untuk diselesaikan. Pasalnya, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana caranya mengemas pakaian dan barang-barang lainnya lebih praktis dan efisien. Jika Anda salah satunya, ada baiknya simak cara praktis packing barang untuk mudik seperti dilansir dari Gizmodo :

1. Buat Daftar
Buatlah daftar perlengkapan dan pakaian yang akan dipakai selama mudik. Pilihlah pakaian yang mudah untuk di mix and match sehingga Anda tidak perlu membawa banyak pakaian. Sebaiknya pula tambahkan satu hingga dua pasang kaus kaki atau pakaian dalam untuk berjaga-jaga.

2. Pakaian Dalam dan Kaus Kaki
Saat akan memasukkan pakaian ke dalam koper, mulailah dari menggulung kaus kaki dan pakaian dalam kemudian masukkan ke dalam sepatu sampai semua bagian sepatu terisi. Letakkan sepatu tersebut di bagian paling bawah koper Anda. Bagian bawah koper juga diisi dengan barang-barang lainnya seperti hair dryer dan tas tangan cadangan.

3. Pakaian Berbahan Tebal
Sebagian orang menggulung pakaiannya ke dalam koper untuk memaksimalkan koper. Namun sebaiknya, item yang dilipat diletakkan secara mendatar. Letakkan celana jeans, rok berbahan tebal, jaket, atau sweater di lapis kedua setelah sepatu dan hair dryer. Jika ada celah kecil di sekitar koper, taruh perlengkapan mandi, sisir, atau barang-barang tambahan seperti buku bacaan dan ikat pinggang.

4. Pakaian yang Mudah Kusut
lapisan teratas dari koper Anda sebaiknya diisi dengan pakaian yang bermaterial ringan serta dikhawatirkan mudah kusut. Misalnya pakaian berbahan katun tipis, linen, satin, dan sutra. Cobalah bungkus pakaian dengan kertas tisu untuk mencegahnya kusut, dan letakkan di antara tumpukan baju yang berbahan kaku.

5. Peralatan Pribadi
Barang-barang yang mudah pecah dan peralatan pribadi sebaiknya diletakkan di sela-sela tumpukkan pakaian. Parfum berukuran kecil disimpan di dalam kantung plastik bening atau zip lock untuk mencegah cairan yang keluar jika parfum tersebut pecah atau bocor. Jika Anda mudik naik pesawat, pastikan bahwa barang-barang pribadi yang bersifat cair atau gel disimpan di dalam wadah kecil dan dibungkus dengan zip lock.

6. Pakaian Cadangan
Jika Anda mudik dengan pesawat, simpan pakaian cadangan pada tas kabin Anda untuk berjaga-jaga jika suatu saat koper Anda menghilang atau kuncinya tidak bisa dibuka. Simpan pula obat-obatan dan makeup Anda dalam tas kabin. (itn/itn)