Liputan Khusus Persiapan Lebaran

Tips Menghias Rumah untuk Lebaran Sesuai Tren Interior 2016

Hestianingsih - wolipop Jumat, 01 Jul 2016 14:27 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Menyambut perayaan Lebaran yang kurang dari satu minggu lagi, sejumlah persiapan tentu sudah dilakukan. Mulai dari membeli baju baru hingga tersedianya makanan berupa ketupat dan kue-kue kering.

Sebagian orang pun ingin rumahnya tampak baru dan lebih segar untuk menyambut para tamu yang datang. Mendekorasi ulang rumah tentunya perlu perencanaan dan perhitungan yang lebih matang. Sebab, hasil penataan ulang seharusnya bisa tetap dipertahankan untuk waktu yang lama.

Tapi dengan waktu yang tinggal beberapa hari lagi, apakah memungkinkan untuk mengubah tampilan rumah sehingga terlihat baru? Desainer interior Rina Renville memberikan beberapa tipsnya.

1. Netral dan Pastel

Warna netral dan pastel yang jadi tren di 2016 bisa diaplikasikan untuk dekorasi Lebaran. Begitu juga dengan pemakaian material bergaya unfinished, rustic serta white-on-white.

"Warna pastel membuat ruangan lebih terang dan lebih lebar. Bisa juga memakai motif-motif ala Timur Tengah pada kap lampu, sarung bantal hias, sofa dan karpet," saran Rina, saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

2. Warna Terang Sebagai Aksen

Jika sudah memutuskan untuk mengecat rumah dengan warna pastel atau putih, Anda bisa menggunakan warna-warna terang sebagai aksen untuk mempercantik ruangan. Misalnya warna biru elektrik atau toska pada list jendela, atau dikreasikan sebagai motif di salah satu bagian dinding.

"Bisa juga misalnya rumah didominasi white and black tapi ada aksen kursi warna fuchsia di ujung ruangan. Juga bisa yang memakai lilin, lampu, vas bunga atau pigura sebagai aksesori," tutur pendiri Destijl Cipta Kreasi ini.

3. Putih untuk Refleksi Kesucian

Secara pribadi, Rina menyukai dominasi warna putih dalam dekorasi ruangan yang berkaitan dengan Hari Raya Idul Fitri. Menurutnya, putih merepresentasikan kesucian, sesuatu yang bersih, kembali lagi ke fitri. Namun menata ruangan dengan warna putih bisa membuat rumah terlihat monoton jika tidak diimbangi dengan dekorasi yang tepat.

Warna putih tidak harus diaplikasikan pada dinding. Tapi bisa juga dengan mengganti karpet nuansa putih, tirai berwarna off-white atau mengganti pigura foto dengan warna netral tersebut.

"Kalau mau semuanya putih bisa dengan gaya white-on-white tapi tone-nya yang dibuat berbeda dan main tekstur. Masukkan juga hitam dan gold untuk 'memadamkan' warna putih," Rina menganjurkan. (hst/hst)