Cara Memilih Sofa yang Tepat Agar Ruangan Terasa Besar dan Nyaman

Intan Kemala Sari - wolipop Rabu, 09 Mar 2016 10:49 WIB
Foto: amarjits/Pixabay Foto: amarjits/Pixabay

Jakarta - Sofa menjadi salah satu furnitur rumah yang sering kali digunakan. Entah itu untuk menjamu tamu, atau sekadar bersantai menonton televisi sambil menikmati camilan kegemaran. Tak heran, sofa hadir dalam berbagai model dan warna yang disesuaikan dengan selera setiap orang.

Jika Anda baru saja menempati rumah baru dan sedang mencari sofa, ada baiknya ketahui cara memilih tempat duduk tersebut sesuai kondisi rumah. Bagaimana caranya?

Desainer interior Alex Papachristidis mengatakan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghitung proporsi ukuran yang diinginkan dan tentunya sesuai dengan tempat yang tersedia. "Proporsi yang baik adalah faktor penting dalam memilih sofa untuk ruangan yang tidak terlalu besar," tuturnya seperti dikutip dari InStyle.

Sofa dengan bagian dudukan lengan dan kaki yang ramping membuat ruangan akan terlihat lebih besar. Sedangkan pemilihan warna yang senada dengan warna cat dinding dapat memberikan harmonisasi pada rumah, sementara warna sofa yang kontras dengan warna cat rumah justru membuat komposisi rumah terlihat 'penuh'.

Baca Juga: 50 Inspirasi Busana untuk Kondangan

Penulis buku 'The Age of Elegance: Interiors' ini menyarankan jangan membeli sofa tanpa mencoba mendudukinya terlebih dahulu. Dimensi dan ukuran sofa haruslah sesuai dengan tinggi Anda jika sewaktu-waktu Anda ingin berbaring di atasnya. Untuk kenyamanan Anda, pilihlah sofa yang tidak memiliki perekat bantalan agar lebih nyaman saat duduk.

"Dudukan sofa harus dibuat dengan busa-busa yang dibungkus dengan bulu-bulu padat. Itu akan membuat sofa lebih tahan lama dan lebih empuk," katanya lagi.

Selain itu, jika ingin menambahkan aksesori seperti bantal kecil, sesuaikan dengan tipe sofa tersebut. Jika sofa memiliki desain tanpa dudukan lengan, taruhlah bantal kecil yang cukup banyak.

"Tetapi jika bentuk sofa lebih 'kaku', taruh selendang berbahan kasmir di bagian lengannya agar terlihat lebih 'hangat'. Saya pribadi lebih suka sofa dengan gaya bohemian dan tradisional. Kadang saya mencampurkan bahan katun dengan bludru, sutra, dan wol di atas sofa," tutupnya. (itn/eny)