6 Cara Menata Rumah Lebih Nyaman Saat Tinggal Sendirian

Intan Kemala Sari - wolipop Selasa, 02 Feb 2016 09:01 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Tinggal sendirian di dalam rumah tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang belum pernah menjalaninya. Namun tidak perlu khawatir, karena tinggal sendirian dapat membuat Anda lebih mandiri dalam mengurus dan menata rumah.

Seperti dilansir dari Pop Sugar, keenam cara berikut ini bisa Anda lakukan agar rumah yang dihuni seorang diri terasa lebih nyaman dan tidak 'kaku'. Seperti apa?

1. Mengorganisir Perabotan Dapur
Saat tinggal sendirian, aturlah perabotan dapur agar tidak terlalu banyak barang tidak terpakai. Miliki beberapa peralatan makan secukupnya yang bisa digunakan saat ada tamu datang ke rumah dan peralatan masak yang tidak terlalu banyak agar dapur terlihat lebih rapi.

2. Letakkan Cermin Besar
Dengan tinggal sendirian di rumah, tidak ada orang yang bisa dimintai pendapat tentang baju yang Anda kenakan. Untuk itu, letakkan cermin berukuran besar agar Anda mudah berkaca dari kepala sampai kaki. Selain itu, cermin juga membuat ilusi seolah-olah ruangan rumah terlihat lebih besar.

3. Tanaman Hijau
Tanaman-tanaman hijau di dalam rumah secara langsung memberikan kesan bahwa rumah yang dihuni terasa 'hidup' meski Anda tinggal sendirian. Letakkan tanaman tersebut di sudut-sudut rumah Anda dan pilihlah tanaman yang tidak terlalu repot mengurusnya.

4. Menata Kembali Barang-barang
Saat tinggal sendirian biasanya akan lebih mudah untuk merapikan barang karena jumlahnya tidak terlalu banyak. Ini bisa menjadi keuntungan bagi Anda untu menata kembali barang-barang pribadi Anda. Rapikan lemari dan kategorisasikan berdasarkan barang-barang yang sering digunakan hingga jarang dipakai. Dengan demikian Anda tidak merasa kesulitan saat mencari sepatu atau pakaian.

5. Hadirkan Spot Favorit
Apabila Anda memiliki hobi merias wajah atau menulis blog, tidak ada salahnya buat ruangan khusus untuk melakukan ritual favorit Anda. Hal tersebut menjadi cara yang tepat untuk mendapatkan inspirasi dalam berkarya. Jangan lupa desain ruangan tersebut senyaman mungkin sesuai dengan selera Anda.

6. Lilin Aromaterapi
Kamar mandi bisa menjadi tempat relaksasi setelah lelah seharian beraktivitas. Caranya, letakkan lilin aromaterapi pada sudut-sudut ruangan yang akan membuat Anda merasa lebih nyaman saat mandi. Jika kamar mandi Anda memilih bathtub, tidak ada salahnya manjakan diri dengan berendam di dalam bathub dengan air hangat selama beberapa saat hingga rasa lelah hilang. (int/eny)