Ini Warna Rumah Sesuai Feng Shui yang Bisa Mendatangkan Hoki

- wolipop Kamis, 26 Mar 2015 10:15 WIB
Dok. Getty Images
Jakarta - Dalam menata rumah sesuai ilmu Feng Shui, bukan hanya penerapan interior saja yang perlu diperhatikan. Pemilihan warna rumah pun tak kalah pentingnya menentukan apakah hunian Anda tersebut bisa mendatangkan hoki atau tidak.

Paduan Feng Shui dan warna perlu diterapkan untuk melancarkan aliran Qi atau energi di dalam rumah. Menurut ahli Feng Shui ternama Indonesia, Erwin Yap, setiap warna memiliki Qi tersendiri sehingga harus disesuaikan dengan kondisi rumah jika ingin memiliki peruntungan yang lebih baik.

Erwin pun memberikan tips bagaimana memilih warna rumah sesuai Feng Shui dalam talkshow yang diadakan AzkoNobel Decorative Paints di Restoran Merah Delima, Jl. Adityawarman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (25/3/2015) malam.

1. Tentukan Arah Rumah
Pemilihan warna rumah sebaiknya sudah Anda lakukan untuk area luar. Menurut Erwin hal itu agar seimbang antara dua aliran energi yaitu Yang (area luar rumah) dan Ying (area dalam rumah).

Dalam memilih warna untuk area luar rumah, perhatikan arah mata angin rumah Anda. Apakah rumah Anda menghadap ke Selatan, Utara, Barat atau Timur. Setelah mengetahuinya gunakan panduan warna sesuai Feng Shui ini:

Selatan: warna merah
Utara: warna biru
Timur: warna hijau
Barat: warna putih.

Penerapan warna ini, dikatakan Erwin, tak harus diterapkan pada seluruh area luar rumah. Anda bisa menerapkannya pada satu sisi saja, seperti pintu atau jendela.

2. Jika Ada Kebingungan Arah
Tak semua rumah menghadap ke satu arah saja. Seperti rumah yang berada di posisi hook atau pojok, bisa saja menghadap ke dua arah berbeda.

Jika hal itu yang terjadi pada rumah Anda, Erwin menyarankan perhatikan arah mana yang paling banyak orang berlalu-lalang. "Cari yang paling banyak arusnya. Yang lalu-lintasnya lebih padat," ujarnya.

Setelah mengetahui arah mana yang arusnya paling dominan, pilih warna sesuai Feng Shui yang sudah dijelaskan pada poin pertama.

3. Interior Rumah
Setelah warna luar rumah sudah diterapkan sesuai Feng Shui, area dalam rumah pun warnanya perlu diatur dengan cara yang sama. Hal itu agar Ying dan Yang dari rumah tersebut seimbang.

Sama seperti ketika menentukan warna luar rumah, Anda harus mengetahui terlebih dahulu arah mata angin dari interior rumah yang paling dominan. Misalnya area dapur, perhatikan arah dari letak kitchen set atau kompor. Atau ruang keluarga, perhatikan di mana posisi sofa yang sering menjadi diduduki penghuni rumah. Setelah mengetahui arah mata angin yang dominan, terapkan warna dari ruangan tersebut sesuai Feng Shui. Berikut aturannya:

Tenggara: warna kuning
Barat Daya: warna kuning
Timur Laut: warna kuning
Barat Laut: warna Hijau
Selatan: warna putih
Utara: warna merah
Timur: warna putih
Barat: warna hijau.



(eny/als)