Ini Jenis Hijab yang Sebaiknya Dipakai Agar Nyaman Saat Mudik

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 30 Mei 2019 03:15 WIB
Foto: Dok. Instagram Foto: Dok. Instagram

Jakarta - Lebaran identik dengan mudik. Perjalanan mudik ini biasanya menghabiskan waktu yang tidak sebentar. Apalagi jika ternyata kamu berhadapan dengan kemacetan di perjalanan.

Bagi kamu hijabers yang sedang bersiap untuk mudik, sebaiknya pilih hijab dan busana yang membuat kamu nyaman selama perjalanan ke kampung halaman, baik itu naik transportasi umum ataupun kendaraan pribadi.

Berikut tips memilih busana dan jilbab yang nyaman dari desainer Dian Pelangi:

1.Pilih Busana yang Tidak Mudah Kusut

Dian Pelangi mengatakan pilihlah busana yang materialnya tidak mudah kusut untuk mudik dengan mobil. Busana yang bahannya mudah kusut akan membuat kamu kurang nyaman selama perjalanan.

"Jadi usahakan bahannya pilih kayak bahan-bahan jersey, pokoknya material yang kira-kira nggak lecak dan pasti harus nyaman juga," tutur Dian Pelangi kepada Wolipop.

Tips pilih hijan dan busana yang nyaman dipakai saat mudikTips pilih hijan dan busana yang nyaman dipakai saat mudik Foto: Instagram


2.Hindari Jilbab Warna Terang

Selain bahan, warna juga perlu diperhatikan. Hindari menggunakan warna yang terang untuk mudik karena mudah kotor dan merepotkan kamu selama perjalanan. Dian Pelangi lebih menganjukan menggunakan busana dengan warna netral saja seperti hitam, cokelat, atau nude.



3.Hindari Jilbab Bertumpuk

Sementara untuk jilbabnya, Dian Pelangi menekankan agar tidak mengkreasikan gaya jilbab yang bertumpuk. Tidak juga menggunakan cepol rambut besar karena membuat perjalanan mudik tidak nyaman.

"Kerudungnya jangan ribet, jangan pakai dalaman rambut karena kalau kelamaan pakai dalaman rambut jadi lepek nggak bagus juga buat rambut, terus juga pusing," kata desainer yang kerap mudik ke Pekalongan, Jawa Tengah itu.

Tips pakai hijab yang nyaman untuk mudikTips pakai hijab yang nyaman untuk mudik Foto: Dok. Instagram


4.Minimalisir Pemakaian Jarum Pentul

Dian Pelangi lebih menyarankan menerapkan model jilbab Turki sebagai alternatif yang nyaman untuk mudik karena tidak banyak menggunakan jarum pentul. "Gunakan kerudung yang nyaman yang nggak butuh banyak jarum. Kita kan seharian di dalam mobil selama mudik, duduk sama beberapa keluarga tiba-tiba ketiduran terus nyender jarumnya bisa nusuk ke orang lain. Lebih baik model kerudungnya Turki sih menurut aku," jelas Dian lagi.



5.Pilih Bahan Hijab yang Nyaman

Untuk material kerudung, Dian Pelangi lebih menyarankan untuk menggunakan bahan paris, linen, hycon. Bahan-bahan tersebut tidak licin, lembut dan mudah dibentuk sehingga akan memudahkan untuk dipakai saat mudik.

Dian Pelangi pun mengingatkan untuk membawa benda-benda sepele yang sering terlupakan seperti sandal buat salat di jalan, mukena, serta outerwear. Penting bawa outerwear menurut Dian yang bisa mendukung penampilan serta berguna dalam segala kondisi selama perjalanan.



(eny/agm)