Rayakan World Hijab Day, Non Muslim Ikut Pakai Hijab

Silmia Putri - wolipop Kamis, 01 Feb 2018 12:30 WIB
Foto: Instagram/WorldHijabDay
Jakarta - Merayakan hari hijab sedunia, tagar #StrongInHijab menggema di media sosial. Kampanye ini dibuat oleh Nazma Khan seorang warga Amerika yang memiliki kepedulian terhadap kehidupan wanita berhijab di seluruh dunia.

Ia mengundang seluruh wanita baik muslim maupun non muslim untuk merasakan pengalaman berhijab dalam satu hari saja. Kampanye ini dibuat dengan serius dengan membawa brand ambassador dari banyak negara seperti Jerman, Liberia, Gilatar, India, Mexico, hingga Indonesia.

Rayakan World Hijab Day, Non Muslim Ikut Pakai HijabFoto: Instagram

"Saya tumbuh besar di New York dan mengalami banyak diskriminasi karena memakai hijab. Saat sekolah saya disebut ninja atau batman, saat kuliah saya disebut Osama bin Laden. Rasanya sangat menyakitkan. Saya rasa salah satu cara untuk mengatasi perlakuan seperti ini adalah mengajak mereka untuk mencoba memakai hijab dan merasakan langsung pengalamannya seperti apa," ungkap Nazma Khan.



Tahun lalu, ada 150 negara berpartisipasi dalam kampanye World Hijab Day ini. Banyak di antara mereka yang merupakan non-muslim dan akhirnya merasakan pengalaman yang luar biasa saat memakai hijab. Tahun ini, kampanye ini kembali digaungkan. Semua wanita diajak untuk mengunggah foto berhijab dan menceritakan kisah mereka.
Rayakan World Hijab Day, Non Muslim Ikut Pakai HijabFoto: Instagram/WorldHijabDay

Melalui tagar #StronginHijab, kita bisa melihat wajah-wajah hijabers dari seluruh dunia seperti Colombia, Philipina, Mesir, dan Liberia. Ada sekitar 1.200 foto terkumpul lewat tagar ini.

Beberapa di antara mereka mengajak teman non muslim untuk memakai hijab dan foto bersama. Kita pun bisa menemukan ragam cerita kehidupan berhijab dari berbagai negara. (sil/sil)