ADVERTISEMENT

4 Doa Tolak Bala dan Artinya agar Dijauhi Musibah dari Al-Quran dan Hadits

Anggi Mayasari - wolipop Rabu, 12 Okt 2022 05:00 WIB
Doa Tolak Bala. Foto: Dok. Detikcom Doa Tolak Bala. Foto: Dok. Detikcom
Jakarta -

Doa tolak bala bisa jadi perlindungan dari bahaya dan musibah. Berikut ini doa tolak bala dan artinya yang bisa dibaca agar terhindar dari musibah.

Hidup terkadang tak berjalan mulus dan sesuai rencana. Ada kalanya musibah tiba-tiba menghampiri dan mengalami masa-masa sulit.

Umat muslim pun dituntut untuk tidak boleh berputus asa, sabar, dan menyerahkan segalanya dalam kuasa Allah SWT. Namun, untuk melindungi diri dari musibah, doa tolak bala bisa diamalkan.

Rasulullah SAW pun mengajarkan umatnya untuk membaca doa tolak bala dan meminta perlindungan Allah. Sebagaimana disebut dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dalam Hadits Bukhori :

تَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ جَهْدِ الْبَلاَءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ

Ta'awwadzu billagimingjahdilbalaa iwadarokissyaqo iwasuilqodhoo iwasyamaatatila'daa

Artinya :

Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian." (HR. Bukhari)

Berikut ini bacaan doa tolak bala dan artinya:

1. Doa Tolak Bala

Bacaan ini bisa diamalkan setelah selesai salat. Bacaan doa tolak bala ini bertujuan agar dijauhkan dari keburukan dunia.

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَاوَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Allāhummaftah lanā abwābal khair, wa abwābal barakah, wa abwāban ni'mah, wa abwābar rizqi, wa abwābal quwwah, wa abwābas shihhah, wa abwābas salāmah, wa wa abwābal 'āfiyah, wa abwābal jannah. Allāhumma 'āfinā min kulli balā'id duniyā wa 'adzābil ākhirah, washrif 'annā bi haqqil Qur'ānil 'azhīm wa nabiiyikal karīm syarrad duniyā wa 'adzābal ākhirah. Ghafarallāhu lanā wa lahum bi rahmatika yā arhamar rāhimīn. Subhāna rabbika rabbil 'izzati 'an mā yashifūn, wa salāmun 'alal mursalīn, walhamdulillāhi rabbil 'ālamīn.

Artinya

"Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al Quran yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam."

2. Doa Tolak Bala dan Artinya

Bacaan doa tolak bala yang singkat ini bisa diamalkan saat akan memulai aktivitas.

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahilladzii laayadhurru ma asmihi syaiung fil ardhi walaa fissamaa i wahuwassamii ul aliim

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Doa Tolak BalaSesuai Ajaran Rasulullah SAW...KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Park Shin Hye Dikabarkan Akan Membintangi Drakor 'Doctor Slump'"
[Gambas:Video 20detik]