ADVERTISEMENT

5 Cara Mengirimkan Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal

Arina Yulistara - wolipop Rabu, 31 Agu 2022 05:00 WIB
Cara Mengirimkan Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal Cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Bagaimana caramu mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal? Ada beberapa cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal agar lebih khusyuk.

Dalam Al Quran, sebagai sesama Muslim dianjurkan mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal. Hal ini tertuang dalam firman Allah SWT lewat surat Al Hasyr ayat 10 yang berbunyi;

وَالَّذِيْنَ جَاۤءُوْ مِنْۢ بَعْدِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِاِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالْاِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلًّا لِّلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا رَبَّنَآ اِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ ࣖ - ١٠

Artinya:

"Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Ansar), mereka berdoa, 'Ya Tuhan kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau tanamkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, sungguh, Engkau Maha Penyantun, Maha Penyayang."

Cara mengirimkan doa untuk orang yang meninggal bisa dilakukan di mana saja. Hanya kamu perlu menyesuaikannya dengan jenis kelamin dan namanya.

Berikut cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal:

1. Sebut Nama Orang yang Sudah Meninggal

Cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal perlu menyebut namanya agar lebih khusyuk. Ibnu Sholah dalam Al Majmu berkata, "Dan hendaknua ia memperjelas dengan doanya itu, kalau ia berdoa untuk si Fulan."

Tidak lupa menyertai nama orang yang meninggal dengan nama ayahnya. Ini membantu memperjelas doamu kepada orang yang sudah meninggal.

2. Cara Mengirimkan Doa untuk Ayah/Suami

Berdasarkan buku berjudul 'Tuntunan Akhlak Dalam Al-Quran dan Sunnah: Membentuk Pribadi Muslim' yang ditulis oleh Dr. Hardisman, MHID, PhD, mengirimkan doa untuk orang meninggal jika yang berpulang adalah orangtua maka akan menjadi salah satu cara berbakti seorang anak kepada ayah atau ibunya.

"Jika seorang anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara, yaitu shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang shaleh yang mendoakannya."

Mahmud Asy-Syafrowi dalam bukunya yang berjudul 'Sukses Dunia-Akhirat Dengan Doa-Doa Harian'. menyebut kalau doa untuk orang meninggal jika dia orangtuamu maka bisa menggunakan bahasa apa pun.

Panjatkan doa untuk orangtua meninggal agar mereka diampuni, mendapat kasih sayang Allah, dan diberikan tempat terbaik buat almarhum atau almarhumah. Bagaimana cara mengirimkan doa untuk ayah yang sudah meninggal? Berikut bacaan doanya secara singkat:

"Khushuushon ilaa ruuhi abii ... (nama ayah) bin ... (nama ayahnya). Allahumaghfir lahu warhamhu wa 'aafihi wa'fu 'anhu, lahul faatihah."

Artinya:

"Terkhusus untuk ruhnya ayahku, ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah."

Cara mengirimkan doa untuk suami yang sudah meninggal:

Khushuushon ilaa ruuhi zaujii ... (nama suami) bin ... (nama ayahnya). Allahumaghfir lahu warhamhu wa 'aafihi wa'fu 'anhu, lahul faatihah."

Artinya:

"Terkhusus untuk ruhnya suamiku, ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah."

3. Cara Mengirimkan Doa untuk Ibu/Istri

Cara mengirimkan doa untuk ibu atau istri yang sudah meninggal sama seperti tata cara di atas. Hanya saja ada sedikit perbedaan pada kalimat awal dan nama orang yang meninggal tentunya.

"Khushuushon ilaa ruuhi ummii/zaujatii (nama ibu/istri) binti ... (nama ayahnya). Allahumaghfir lahaa warhamhaa wa 'aafihaa wa'fu 'anhaa, lahal faatihah."

Artinya:

"Terkhusus untuk ruhnya ibuku/istriku, ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah."

4. Cara Mengirimkan Doa untuk Anak Perempuan

"Khushuushon ilaa ruuhi ibnati ... (nama anak perempuan). Allahumaghfir lahaa warhamhaa wa 'aafihaa wa'fu 'anhaa, lahal faatihah."

Artinya:

"Terkhusus untuk ruhnya putriku. ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah."

5. Cara Mengirimkan Doa untuk Anak Laki-laki

Khushuushon ilaa ruuhi ibnii ... (nama anak laki-laki). Allahumaghfir lahu warhamhu wa 'aafihi wa'fu 'anhu, lahul faatihah."

Artinya:

"Terkhusus untuk ruhnya putraku, ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah."

Sudahkah kamu mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal?



Simak Video "Dikabarkan Tak Akur, Hailey Bieber Ungkap Hubungannya dengan Selena Gomez"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)