ADVERTISEMENT

Bacaan Sholawat Munjiyat, 'Sang Penolong' Saat Menghadapi Ujian Hidup

Arina Yulistara - wolipop Rabu, 27 Jul 2022 05:00 WIB
Sholawat Munjiyat Sholawat Munjiyat. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Sudah hapal sholawat munjiyat? Sholawat munjiyat merupakan salah satu sholawat Nabi Muhammad SAW yang paling diutamakan.

Sholawat munjiyat bisa disebut sebagai penolong karena artinya sholawat penyelamat. Sholawat munjiyat bisa kamu baca setiap hari agar selalu dilindungi Allah SWT dari musibah.

Tidak hanya itu, sholawat munjiyat juga bisa menjadi 'penolong' saat sedang menghadapi ujian hidup. Ini karena makna dari sholawat munjiyat sendiri sebagai wujud rasa cinta umat Islam kepada Rasulullah SAW.

Dalam buku Rahasia Sehat Berkah Shalawat oleh M. Syukron Maksum dan A. Fathoni el-Kaysi, dikisahkan bahwa sholawat munjiyat turun ketika kapal Syekh Musa diterjang badai dan meminta penumpangnya agar berdoa kepada Allah SWT.

Kemudian Syekh Musa tertidur dan bermimpi ketemu Nabi Muhammad SAW yang menyampaikan doa berupa sholawat munjiyat. Setelahnya, mereka membaca sholawat munjiyat sebanyak 300 kali kemudian badai pun mereda.

Jika kamu sering mengamalkan sholawat munjiyat maka bisa mendapatkan beberapa keutamaan, seperti lebih dekat kepada Allah SWT, memuliakan Nabi Muhammad SAW, menjauhkan diri dari musibah, mendapat pertolongan Allah SWT, hingga membantu doa agar segera terkabul.

Bagaimana bacaan sholawat munjiyat? Berikut bacaan sholawat munjiyat dan artinya:

Bacaan Sholawat Munjiyat

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ

السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَـــا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَـــاتِ

Latin:

Allâhumma shalli 'alâ Sayyidinâ Muhammadin wa 'alâ âli Sayyidinâ Muhammadin shalâtan tunjînâ bihâ min jamî'il ahwâli wal âfât wa taqdhî lanâ bihâ jamî'al hâjat wa tuthahhirunâ bihâ min jamî'is sayyiât wa tarfa'unâ bihâ 'indaka a'lad darajât wa tuballighunâ bihâ aqshal ghâyat min jamî'il khairâti fil hayâti wa ba'dal mamât.

Artinya:

"Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan menakutkan dan dari semua cobaan. Dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami, dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan, dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat yang paling tinggi, dengan shalawat itu, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati".

Cara Membaca Sholawat Munjiyat

Dikutip dari buku Panduan Lengkap Shalat, Diia, Zikir & Shalawat oleh Ust. Enjang Burhanudin Yusuf, M.Pd, cara membaca sholawat munjiyat bisa dengan hitungan 11, 41, 101, hingga 4.444 kali. Kamu bisa mengamalkan sholawat munjiyat setelah salat lima waktu.

Kamu juga bisa mengamalkan sholawat munjiyat setelah menjalani salat sunnah hajat pada malam hari. Selain mendapat pertolongan Allah SWT, kamu bisa membaca sholawat munjiyat ketika ingin segera dipertemukan jodoh.

Yuk hapalkan sholawat munjiyat.



Simak Video "Emak-emak di Solo Meriahkan Parade Kebaya"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)