4 Bacaan Doa Agar Anak Dilancarkan Ujian yang Mudah Dihapal Orangtua

Arina Yulistara - wolipop Minggu, 05 Jun 2022 15:30 WIB
Rahma Aulia dan Kayla Putri siswi Sekolah Dasar Negeri Pademangan Barat 03 dan SDN Pademangan Barat 01 tengah mengikuti ujian sekolah secara daring dari rumah, Jakarta, Rabu (9/6/2021). Doa agar anak dilancarkan ujian. Foto: Grandyos Zafna

Jakarta -

Dalam Islam, Allah SWT suka dengan hamba-Nya yang berikhtiar dan berdoa. Mungkin anak sudah melakukan berbagai macam ikhtiar agar dilancarkan dalam menjalani ujian. Kamu sebagai orangtua juga bisa mengamalkan doa agar anak dilancarkan ujian.

Meski ujian sekolah dan nasional sudah lewat namun para orangtua yang beragama Islam perlu menghapal doa agar anak dilancarkan ujian, bisa dibaca saat diperlukan. Kamu bisa membaca doa agar anak dilancarkan ujian dan dimudahkan segala urusannya.

Doa agar anak dilancarkan ujian juga bisa diamalkan saat meminta pertolongan Allah SWT untuk memudahkan urusan anakmu. Tidak lupa lengkapi doa agar anak dilancarkan ujian dengan permintaan yang spesifik serta berusaha yang terbaik dalam membantu anakmu.

Allah SWT berfirman lewat surat Al Baqarah ayat 186 yang berbunyi;

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya:

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran."

Belum hapal doa agar anak dilancarkan ujian? Yuk catat atau hapalkan doa agar anak dilancarkan ujian yang perlu dipahami para orangtua supaya semua urusan anak diberikan jalan yang mulus, seperti dikutip dari detikEdu.

Doa Agar Anak Dilancarkan Ujian 1:

قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي
وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي
وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي
يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbisyraḥ lī ṣadrī wa yassir lī amrī waḥlul 'uqdatam mil lisānī yafqahụ qaulī

Artinya:

"Ya Rabb-ku, lapangkanlah dadaku, dan ringankanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku." (QS. Thaha: 25-28).

Doa Agar Anak Dilancarkan Ujian 2:

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahlaa

Artinya:

"Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah." (HR. Ibnu Hibban dari Anas bin Malik)

(eny/eny)