ADVERTISEMENT

Bacaan Doa Setelah Salat Tahajud di Bulan Ramadan

Arina Yulistara - wolipop Kamis, 07 Apr 2022 08:47 WIB
Doa Setelah Salat Tahajud Doa setelah salat tahajud. Foto: Getty Images/iStockphoto/.shock
Jakarta -

Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah bagi umat Islam. Tidak heran banyak yang berlomba-lomba untuk meningkatkan ibadah mereka selama bulan suci Ramadan.

Salah satunya dengan menjalankan dan membaca doa setelah salat tahajud di bulan Ramadan. Menjalankan dan membaca doa setelah salat tahajud di bulan Ramadan menjadi salah satu anjuran yang diserukan kepada umat Muslim. Hal ini tertuang dalam surat Al-Isra' ayat 79 yang berbunyi;

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Artinya:

"Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji."

Setelah menjalani salat tahajud, tidak lupa panjatkan doa setelah salat tahajud di bulan Ramadan. Apakah ada perbedaan antara doa setelah salat tahajud di bulan Ramadan dan malam biasanya?

Tidak ada perbedaan mengenai doa setelah salat tahajud di bulan Ramadan dan malam biasanya. Kamu bisa menghapalkan doa setelah salat tahajud di bulan Ramadan agar bisa dilakukan setiap hari sebelum sahur.

Belum hapal doa setelah salat tahajud di bulan Ramadan? Berikut doa setelah salat tahajud di bulan Ramadan:

Bacaan Doa Setelah Salat Tahajud di Bulan Ramadan

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ.

اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allaahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samaa waati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa'dukal haq. Wa liqaa'uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan naaru haq. Wan nabiyyuuna haq. Wa Muhammadun shallallaahu alaihi wasallama haq. Was saa'atu haq.

Allaahumma laka aslamtu. Wa bika aamantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khaashamtu. Wa ilaika haakamtu. Fagfirlii maa qaddamtu, wa maa akhkhartu, wa maa asrartu, wa maa a'lantu, wa maa anta a'lamu bihi minnii. Antal muqaddimu wa antal mu'akhkhiru. Laa ilaaha illaa anta. Wa laa haula, wa laa quwwata illaa billâh

Artinya:

"Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah."

Waktu Membaca Doa Setelah Salat Tahajud di Bulan Ramadan

Selain bacaan doa setelah salat tahajud di bulan Ramadan, seperti dikutip dari detikEdu, kamu juga bisa melakukannya pada waktu yang paling mustajab. Ada beberapa waktu menjalankan dan berdoa setelah salat tahajud di bulan Ramadan.

Kapan waktu terbaik menjalani dan membaca doa setelah salat tahajud di bulan Ramadan? Melihat dari buku Risalah Tuntunan Sholat Lengkap yang ditulis oleh DRS. Moh Rifa'i, ada beberapa waktu paling utama untuk melakukan dan mengamalkan doa setelah salat tahajud di bulan Ramadan.

Berikut waktu melakukan dan membaca doa setelah salat tahajud di bulan Ramadan yang paling utama:

- Mulai pukul 22.00 sampai 01.00 malam menjadi waktu paling utama menjalankan dan membaca doa setelah salat tahajud di bulan Ramadan.
- Mulai pukul 01.00 sampai sebelum waktu salat Subuh menjadi waktu sepertiga malam paling utama dalam melakukan dan membaca doa setelah salat tahajud di bulan Ramadan.

Meski demikian, menjalani dan membaca doa setelah salat tahajud di bulan Ramadan bisa dilakukan setelah salat Isya serta salat tarawih. Namun harus tidur terlebih dahulu sebelum menjalankan dan membaca doa setelah salat tahajud di bulan Ramadan. Akan lebih baik dilakukan sebelum sahur.

Apa kamu sudah hapal bacaan doa setelah salat tahajud di bulan Ramadan?



Simak Video "Tren Jilbab di Pasar Tanah Abang yang Diburu Warga Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)