10 Nama Sahabat Nabi yang Patut Diteladani Sifatnya

Arina Yulistara - wolipop Jumat, 25 Feb 2022 06:00 WIB
Ilustrasi Nabi Muhammad SAW Ilustrasi nama sahabat Nabi Muhammad SAW. Foto: Getty Images/iStockphoto/Maha Fnj
Jakarta -

Banyak nama sahabat nabi yang patut diteladani sifatnya. Di antara nama sahabat nabi yang patut diteladani, ada beberapa yang dianugerahi surga.

Nama sahabat nabi yang patut diteladani sifatnya karena memiliki kepribadian baik dan menjunjung tinggi Islam. Sederet nama sahabat nabi yang patut diteladani memiliki kisah hebat dalam memperjuangkan Islam bersama Nabi Muhammad SAW.

Siapa saja nama sahabat nabi yang patut diteladani sifatnya? Dilansir dari Urdu Point, berikut sepuluh nama sahabat nabi yang patut diteladani sifatnya:

Nama Sahabat Nabi yang Patut Diteladani

1. Abu Bakar Sadique

Salah satu nama sahabat nabi yang patut diteladani sifatnya adalah Abu Bakar bin Ustman. Dia merupakan khalifah pertama umat Islam.

Abu Bakar menjadi salah satu nama sahabat nabi yang patut diteladani sifatnya karena sangat baik, bijaksana, dan dermawan. Ia merupakan seorang pengusaha kaya. Setelah menerima Islam, Abu Bakar bahkan menyumbangkan seluruh kekayaannya untuk kepentingan umat Islam.

2. Umar bin Khattab

Nama sahabat nabi yang patut diteladani selanjutnya adalah Umar bin Khattab, merupakan khalifah kedua setelah Abu Bakar.

Umar bin Khattab dianggap sebagai khalifah paling kuat dan sukses. Sifatnya yang berani terkenal di seluruh Arab Saudi.

3. Usman bin Affan

Khalifah ketiga Islam, Usman bin Affan, merupakan salah satu nama sahabat nabi yang patut diteladani kisahnya. Sifatnya yang sederhana walaupun kaya raya dapat diteladani.

Usman bin Affan juga terkenal baik hati. Ia juga mendapat kehormatan karena mampu mengumpulkan dan menyatukan ayat-ayat Al Quran yang kita pakai hingga saat ini.

4. Ali bin Abi Thalib

Ali bin Abi Thalib merupakan sepupu Nabi Muhammad SAW. Dia menjadi salah satu nama sahabat nabi yang patut diteladani sifatnya.

Ali bin Abi Thalib terkenal berani, ramah, penuh kasih, dan bijaksana. Banyak quotes Ali bin Abi Thalib yang masih sering dikenang sampai sekarang.

5. Zubair bin Al-Awwam

Nama sahabat nabi yang patut diteladani selanjutnya adalah Zubair bin Al-Awwam. Dia merupakan sepupu serta sahabat dekat Nabi Muhammad SAW.

Zubair bin Al-Awwam dikenal sebagai pejuang yang tangguh. Dia memiliki sifat pemberani, penuh strategik peperangan, patriotik sejati, mewakafkan jiwa, raga, dan harta untuk Allah SWT.

6. Thalhah bin 'Ubaydillah

Kemudian satu lagi nama sahabat nabi yang patut diteladani adalah Thalhah bin 'Ubaydillah. Ia dikenal sebagai pebisnis sukses yang kaya raya.

Meski banyak harta, ia selalu terlibat dalam perang untuk agama Islam. Sifatnya yang menepati janji, jujur, dan tidak pernah berkhianat bisa menjadi tauladan umat Islam.

7. Abdurrahman bin Auf

Nama sahabat nabi yang patut diteladani lainnya adalah Abdurrahman bin Auf. Ia merupakan sahabat Nabi Muhammad SAW yang banyak meriwayatkan hadist. Sifatnya yang paling terkenal adalah pemurah dan dermawan.

8. Abu Ubaidah bin Al Jarrah

Selanjutunya nama sahabat nabi yang patut diteladani, yakni Abu Ubaidah bin Al Jarrah. Dia salah satu nama sahabat nabi yang patut diteladani karena jujur, pemurah, amanah, dan cerdas.

Abu Ubaidah bin Al Jarrah juga termasuk nama sahabat nabi yang patut diteladani karena berani. Dia bahkan ditunjuk sebagia pemimpin tertinggi tentara di eranya.

9. Saad bin Abi Waqqash

Nama sahabat nabi yang patut diteladani selanjutnya yaitu Saad bin Abi Waqqash. Dia dikenal sebagai seorang yang kaya raya dan memiliki sifat dermawan.

Saad bin Abi Waqqash merupakan orang ketujuh yang memeluk Islam. Saad bin Abi Waqqash juga menjadi penyebar Islam di China.

10. Said bin Zaid

Said bin Zaid adalah salah satu nama sahabat nabi yang patut diteladani karena telah dijamin masuk surga. Sifatnya yang sangat setia dengan Rasulullah dan terkenal akan doanya yang mustajab.



Simak Video "Kisah Nabi Muhammad-Islampedia Siap Temani Harimu di Bulan Ramadhan"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)