ADVERTISEMENT

10 Doa Agar Hati Tenang, Baca Ini Biar Nggak Galau dan Sedih

Anggi Mayasari - wolipop Selasa, 07 Des 2021 19:00 WIB
Young beautiful Muslim Woman Praying In Mosque. Doa agar hati tenang. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Terkadang sebagian orang menghadapi banyak penderitaan dan cobaan. Membaca doa agar hati tenang bagi muslim jadi salah satu obatnya.

Islam memberikan perhatian serius untuk menyingkirkan kegelapan dari kekhawatiran, kesusahan, depresi dan kesedihan. Doa agar hati tenang ini pun bisa diamalkan.

Ada banyak doa dan permohonan otentik dari Hadis yang dapat membantu kita menghilangkan kecemasan menurut Islam. Jika merasa tertekan, seseorang harus memperkuat keyakinan kepada Allah dan takdir (Qada' wa Qadar) dan membaca doa agar hati tenang.

Nabi Muhammad bersabda:

"Alangkah indahnya urusan seorang mukmin, karena semua urusannya adalah baik, dan ini tidak berlaku bagi siapa pun kecuali orang mukmin. Jika terjadi sesuatu yang baik padanya, dia bersyukur, dan itu baik baginya, dan sesuatu yang buruk menimpanya, dia menanggungnya dengan kesabaran, dan itu baik baginya." (HR Muslim, 2999)

Banyak solusi dan obat untuk membantu dalam urusan sehari-hari dan menghilangkan masalah. Salah satunya dengan membaca doa untuk menghilangkan kegalauan dan membuat hati tenang.

Seperti dikutip dari Alquranclasses, berikut ini doa agar hati tenang dari para ulama Islam berdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah.

Doa Agar Hati Tenang Menurut Hadis

1. Dilaporkan bahwa Nabi (saw) biasa membaca doa ini agar hati tenang:

"Ya Allah, aku mengharap rahmat-Mu. Jangan tinggalkan aku untuk diriku sendiri bahkan untuk sekejap mata (yaitu sesaat). Perbaiki semua urusanku untukku. Tidak ada yang berhak disembah selain Engkau." (Abu Daud)

2. Dalam al-Saheehayn dilaporkan dari Ibn 'Abbas bahwa Rasulullah (saw) biasa mengatakan, ketika dia merasa tertekan:

"La ilaaha ill-Allah al-'Adhim ul-Halim, Laa ilaaha ill-Allah Rabb il-'arsh il-'adhim, Laa ilaaha ill-Allah Rabb is-samawaati wa Rabb il-ard wa Rabb il-'arsh il -karim"

"Tidak ada Tuhan selain Allah, Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang; tidak ada Tuhan selain Allah, Tuhan Arsy yang Perkasa; tidak ada Tuhan selain Allah, Tuhan langit, Tuhan bumi dan Tuhan Arsy yang mulia." (Al-Bukhari 8/154, Muslim 4/2092)

3. Diriwayatkan dari Anas bahwa Nabi (saw) biasa mengatakan, ketika sesuatu membuatnya kesal:

"Ya Hayyu ya Qayyum, bi Rahmatika astagheeth (Wahai Yang Maha Hidup, wahai Yang Abadi, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan)."

4. Diriwayatkan bahwa Asmaa' binti 'Umays berkata: Rasulullah berkata kepadaku:

"Maukah aku mengajarimu beberapa kata untuk diucapkan ketika kamu merasa tertekan?

'Allah, Allah, Rabbi laa ushriku bihi shay'an'
Allah, Allah, Tuhanku, aku tidak menyekutukan apapun dengan-Nya (Abu Dawud 2/87. Al-Albani, Sahih Ibn Majah 2/335.)

5. Diriwayatkan dari 'Abd-Allah ibn Mas'ud bahwa Nabi berkata:

"Tidak ada orang yang menderita kecemasan atau kesedihan, dan berkata:

'Allaahumma innee 'abduka wa ibn 'abdika wa ibn amatika, naasiyati bi yadika, maadin fiyya hukmuka, 'adlun fiyya qadaa'uka, as'aluka bi kulli ismin huwa laka sammayta bihi nafsaka aw anzaltahu' minaawlamika ista'tharta bihi fi 'ilm il-ghaybi 'andak an taj'ala al-Qur'aana rabee' qalbi wa noor sadri wa jalaa'a huzni wa dhahaaba hammi'

"Ya Allah, aku adalah hamba-Mu, putra hamba-Mu, putra hamba perempuan-Mu, ubun-ubunku di tangan-Mu, perintah-Mu atasku selama-lamanya dilaksanakan dan ketetapan-Mu atasku adil. Aku memohon kepada-Mu dengan setiap Nama milik-Mu yang Engkau beri nama, atau yang diturunkan dalam Kitab-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada makhluk-Mu yang mana pun, atau yang telah Engkau pelihara bersama-sama dengan ilmu yang gaib, agar Engkau menjadikan Al-Qur'an sebagai kehidupan. dari hatiku dan cahaya dadaku, dan kepergian kesedihanku dan pelepasan kecemasanku" tetapi Allah akan menghilangkan kesedihan dan kesedihannya, dan memberinya kegembiraan sebagai gantinya. (Ahmad 1/391)

Doa Agar Hati Tenang menurut Al-Quran

6. Q.S Albaqarah ayat 286

Masalah dalam Islam datang sebagai godaan bagi mereka di bawah jalan untuk menjadi lebih dekat dengan Allah. Ini datang kepada siapa yang memahaminya. Dalam Al-Qur'an surat Al Baqarah ayat 286 disebutkan bahwa:


لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا

"Allah tidak membebani jiwa seseorang melebihi apa yang dapat ditanggungnya.."

Berdasarkan ayat tersebut, Allah mengetahui kemampuan mukmin-Nya. Dan yang harus kita lakukan adalah menaruh kepercayaan kepada-Nya. Itulah sebabnya ayat berikutnya mengatakan bahwa kita harus berdoa kepada-Nya

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ

"Ya Tuhan kami, jangan hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, jangan bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau telah membebani orang-orang sebelum kami..."

7. Surah Ad Duha

Allah menurunkan surah Ad Duha dalam Al-Qur'an pada saat Nabi Muhammad dalam keadaan putus asa. Allah menenangkan Nabi Muhammad untuk membantu-Nya membantu orang miskin dan mendapatkan lebih banyak berkah kepada Allah.

Berdasarkan ayat-ayat dari surah Ad Duha, diklaim dapat menenangkan jiwa kita. Lebih menenangkan jika kita beriman kepada Allah, Dia akan memberikan karunia-Nya dan lebih banyak berkat bagi kita sebagai tujuan beriman kepada Allah bagi umat Islam.

وَالضُّحٰىۙ وَالَّيْلِ اِذَا سَجٰىۙ مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلٰىۗ وَلَلْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ الْاُوْلٰىۗ وَلَسَوْفَ يُعْطِيْكَ رَبُّكَ فَتَرْضٰىۗ اَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيْمًا فَاٰوٰىۖ وَوَجَدَكَ ضَاۤلًّا فَهَدٰىۖ وَوَجَدَكَ عَاۤىِٕلًا فَاَغْنٰىۗ فَاَمَّا الْيَتِيْمَ فَلَا تَقْهَرْۗ وَاَمَّا السَّاۤىِٕلَ فَلَا تَنْهَرْ وَاَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

Demi waktu dhuha (ketika matahari sepenggalah). Dan demi malam apabila telah sunyi. Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) membencimu, Dan sungguh, yang kemudian itu lebih baik bagimu dari yang permulaan, Dan sungguh, kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, sehingga engkau menjadi puas. Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungi(mu) Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk, dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan, Maka terhadap anak yatim janganlah engkau berlaku sewenang-wenang. Dan terhadap orang yang meminta-minta janganlah engkau menghardik (nya). Dan terhadap nikmat Tuhanmu hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur).

8. Doa Agar Hati Tenang Q.S Al Imran Ayat 139

وَلَا تَهِنُوْا وَلَا تَحْزَنُوْا وَاَنْتُمُ الْاَعْلَوْنَ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْ

"Dan jangan putus asa, jangan sedih. Kamu pasti akan menang jika kamu adalah orang-orang yang benar-benar beriman."

Surat Al Imran menyebutkan bahwa setiap kali kita merasa sedih atau lemah, kita harus ingat bahwa Allah selalu bersama kita. Jadi kita tidak boleh merasa tertekan karena stres yang mungkin datang kepada kita. Dan barang siapa datang kepada Allah, maka Dia akan membimbing kita dalam setiap jalan hidup kita.

9. Surah Al Insyirah

Surah Al Insyirah dapat membuat hati kita lebih tenang dan tentram. Ini mengatasi depresi di antara kita. Allah berfirman kepada Nabi Muhammad bahwa baik sebelum dan sesudah kesulitan akan datang kemudahan. Dalam surah ini, semua ayat dapat meringankan rasa sakit yang kita alami.

اَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَۙ وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَۙ الَّذِيْٓ اَنْقَضَ ظَهْرَكَۙ وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَۗ فَاِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۙ اِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۗ فَاِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْۙ وَاِلٰى رَبِّكَ فَارْغَبْ

Bukankah kami telah melapangkan dadamu (Muhammad). Dan kami pun telah menurunkan bebanmu darimu. Yang memberatkan punggungmu. Dan kami tinggikan sebutan (nama)mu bagimu. Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan) tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain). Dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap.

10. Doa Agar Hati Tenang Q.S Al Baqarah Ayat 153

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ

"Wahai orang-orang yang kamu percaya, mintalah pertolongan dengan kesabaran dan doa. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar."

Ayat ini ditujukan kepada siapa yang beriman kepada Allah agar senantiasa hidup sabar. Dengan kesabaran, kita bisa melihat lebih banyak cahaya dan menyadari sesuatu yang tidak akan pernah kita bayangkan. Hati kita akan menjadi tenang dan damai serta terbebas dari stres dan jauh dari kecemasan atau depresi. Semua hal-hal besar ini datang karena Allah memberikan kita berkat-Nya.

Itulah doa agar hati tenang yang bisa dilafalkan. Ingatlah, baik atau buruk itu datangnya dari Allah. Dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa "Karena tidak ada keraguan, dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram (Ar Ra'd 13:28).



Simak Video "Potret Kebersamaan Kaesang dan Erina Gudono di Upacara HUT ke-77 RI"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)