6 Rukun Iman dan Penjelasannya yang Mudah Dipahami

Arina Yulistara - wolipop Senin, 15 Nov 2021 05:30 WIB
6 rukun iman dan penjelasannya. Foto: Dok.Instagram @muda.official. 6 rukun iman dan penjelasannya. Foto: Dok.Instagram @muda.official.
Jakarta -

Rukun iman merupakan dasar kepercayaan umat Islam kepada Allah SWT. Terdapat 6 rukun iman yang sudah ditanamkan sejak kita kecil. Berikut penjelasannya.

Sebelum menyebutkan apa saja 6 rukun iman yang wajib dipahami setiap Muslim, kamu harus paham arti iman sesungguhnya. Buat para mualaf atau yang baru belajar ilmu Islam ketika dewasa maka perlu belajar memahami 6 rukun iman.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iman artinya kepercayaan (yang berkenaan dengan agama); keyakinan dan kepercayaan kepada Allah, nabi, kitab; ketetapan hati, keteguhan batin, dan keseimbangan batin. Jadi iman itu keyakinan atau kepercayaan kepada Allah SWT.

Ketika kita percaya kepada Allah SWT maka pahami lebih dalam mengenai makna 6 rukun iman. Terkait 6 rukun iman sebenarnya sudah ditetapkan dalam Al Quran sesuai firman Allah SWT yang berbunyi;

لَيْسَ الْبِرَّ أَنْ تُوَلُّوا وُجُوهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلَٰكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّينَ وَآتَى الْمَالَ عَلَىٰ حُبِّهِ ذَوِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَالسَّائِلِينَ وَفِي الرِّقَابِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَالْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَاهَدُوا ۖ وَالصَّابِرِينَ فِي الْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ وَحِينَ الْبَأْسِ ۗ أُولَٰئِكَ الَّذِينَ صَدَقُوا ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ

Artinya:

"Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan ke barat, tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, orang-orang yang dalam perjalanan (musafir), peminta-minta, dan untuk memerdekakan hamba sahaya, yang melaksanakan sholat dan menunaikan zakat, orang-orang yang menepati janji apabila berjanji, dan orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan dan pada masa peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar, dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa." (Al Baqarah: 177)

Dalam sebuah hadist juga menyebutkan mengenai 6 rukun iman:

الايمان أن تؤمن بالير وملكته وكتبه ورسله واليوم الآخر وتؤمين بالقدر خيره وشره (رواه مسلم)

Artinya:

"Keimanan itu ialah engkau akan percaya (beriman) pada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab suci-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir (kiamat) dan engkau akan percaya kepada takdir baik dan buruk dari pada-Nya." (HR. Muslim).

Apa kamu sudah hapal dan mengerti makna 6 rukun iman? Jika belum, berikut 6 rukun iman dan penjelasannya yang mudah dipahami.

6 Rukun Iman

Poin-poin mengenai 6 rukun iman:

1. Iman kepada Allah SWT
2. Iman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT
3. Iman kepada Kitab-kitab Allah SWT
4. Iman kepada Rasul dan Nabi Allah SWT
5. Iman kepada hari akhir (Kiamat)
6. Iman kepada Qada' dan Qadar.

Ada pun penjelasan lebih dalam mengenai makna 6 rukun iman. Simak penjelasannya berikut ini.

Rukun Iman 1: Iman kepada Allah SWT

Makna rukun iman yang pertama yakni iman kepada Allah SWT yakni meyakini sepenuh hati bahwa Allah SWT itu ada. Tidak hanya yakin, kamu juga harus percaya kalau Allah SWT ada dan berwujud.

Percaya bahwa Allah ada tanpa ada sesuatu lain yang mengadakannya. Dia lah pemelihara seluruh alam semesta. Percaya kalau Allah SWT satu-satunya Tuhan yang harus disembah dan tiada Tuhan selain Allah SWT, Maha Tunggal dan Maha Kuasa atas segala-galanya.

Rukun Iman 2: Iman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT

Sementara rukun iman kedua berbunyi, iman kepada malaikat-malaikat Allah SWT. Makna rukun iman kepada malaikat dengan meyakini kalau malaikat berwujud dan mengetahui nama serta tugasnya.

Percaya bahwa malaikat merupakan utusan Allah SWT yang diciptakan dari cahaya dan tidak bisa dilihat mata manusia. Percaya kalau malaikat bersifat ghaib yang hanya diberi akal oleh Allah SWT dan tidak punya nafsu.

KLIK HALAMAN SELANJUTNYA untuk isi 6 rukun iman lainnya. Salah satunya adalah rukun iman ke-3 yaitu kepada kitab-kitab Allah SWT.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Minta Maaf, Olvah Alhamid Ngaku Juga Sering Dapat Perlakuan Rasis"
[Gambas:Video 20detik]