Doa Agar Hati Tenang Saat sedang Galau, Dibaca Yuk!

Arina Yulistara - wolipop Selasa, 12 Okt 2021 18:07 WIB
Muslim Woman pray and Beautiful background. Doa agar hati tenang. Foto: Getty Images/iStockphoto/Arthit_Longwilai
Jakarta -

Sedang galau karena ada masalah? Bagi yang Muslim, coba lebih banyak berserah diri kepada Allah SWT. Baca doa agar hati tenang saat sedang galau. Seperti apa doa agar hati tenang?

Doa agar hati tenang banyak tertuang dalam surat-surat di Al Quran. Dengan memanjatkan doa agar hati tenang bisa meredakan kegelisahan yang sedang dirasakan saat ini.

Dalam buku yang berjudul 'Kumpulan Doa Mustajab Pembuka Pintu Rezeki' oleh KH. Sulaeman Bin Muhammad Bahri, ada salah satu bacaan doa agar hati tenang yang bisa dipanjatkan saat sedang galau.

Doa agar hati tenang yang dimaksud sebagai berikut;

Arab latin:

Subhaanal malikil quddusi, rabbil malaaikati warruuhi, jullilatis samaawatu wal ardhu bil'izzati waljabaruuti

Artinya:

"Maha Suci Dzat yang merajai, yang menguasai sekalian malaikat dan RohRuh (Djibril), semua langit dan bumi tertutup dengan kemuliaan serta kebesaran-Mu."

Selanjutnya, lantunkan ayat dalam surat di Al Quran yang bisa menjadi doa agar hati lebih tenang saat ini. Berikut ini ayat-ayat dalam Al Quran yang menenangkan kegalauan.

إِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

Arab latin:

inna ma'al-'usri yusra

Artinya: "Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." (QS. Al Insyirah: 6)

Doa agar hati tenang selanjutnya bisa membaca surat Ar Ra'ad ayat 28 yang berbunyi:

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

Arab latin:

Allazina amanụ wa tatma 'innu qulubuhum bizikrillah, ala bizikrillahi tatma 'innul-qulub

Artinya:

"(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."

Ada pun lantunan ayat suci Al Quran yang juga bisa menjadi doa agar hati tenang dengan membaca Al Baqarah ayat 186 yang berbunyi,

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Arab latin:
Wa iza sa'alaka 'ibadi 'anni fa inni qarib, ujibu da'watad-da'i iza da'ani falyastajibu li walyu'minu bi la'allahum yarsyudun

Artinya:

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran."

Setelah itu, bisa coba membaca doa agar hati tenang yang tertuang dalam surat Taha ayat 2:

قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ ۙ وَيَسِّرْ لِيْٓ اَمْرِيْ ۙ وَيَسِّرْ لِيْٓ اَمْرِيْ ۙ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّنْ لِّسَانِيْ ۙ يَفْقَهُوْا قَوْلِيْ ۖ

Arab latin:
Qaala rabbisyraḥ lii ṣadrii wa yassir lii amrii waḥlul 'uqdatam mil lisaanii yafqahụ qaulii

Artinya:

Dia (Musa) berkata, 'Ya Tuhanku, lapangkan lah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.

Tentu setelah membaca doa agar hati tenang perlu disertai dengan usaha ya. Semoga ikhtiar dan berdoa, hati menjadi lebih tenang.



Simak Video "Kim Seon Ho Resmi Dicoret dari 2 Proyek Film"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)