Tata Cara Sholat Taubat, Niat dan Doanya

Tim Wolipop - wolipop Rabu, 22 Sep 2021 18:07 WIB
Tata cara sholat taubat, niat dan doanya. Foto: Getty Images/iStockphoto/think4photop Tata cara sholat taubat, niat dan doanya. Foto: Getty Images/iStockphoto/think4photop
Jakarta -

Sholat taubat bisa dilakukan setiap hari untuk meminta ampun atas segala dosa yang sengaja dan tidak sengaja dilakukan. Bagaimana tata cara sholat taubat?

Sholat taubat adalah sholat yang dilakukan untuk meraih ampunan atas dosa atau kesalahan yang telah diperbuat. Seperti namanya, sholat ini merupakan cara kita tobat kepada Allah SWT.

Tobat sesuai yang tertulis dalam kamus besar Bahasa Indonesia artinya sadar dan menyesal akan dosa (perbuatan yang salah atau jahat) dan berniat akan memperbaiki tingkah laku dan perbuatan. Jadi saat kamu menyadari melakukan kesalahan, lakukanlan sholat taubat nasuha seperti disampaikan Allah SWT dalam surat At-Tahrim ayat 8.

"Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai." (QS At Thamrin ayat 8).

Sholat taubat ini dilakukan sebagai cara kita sebagai manusia memohon ampun kepada Allah SWT. Dalam hadits riwayat Abu Daud, seperti dilansir buku Buku Panduan Sholat Lengkap (Wajib & Sunah) oleh Saiful Hadi El Sutha, Rasulullah SAW pun bersabda, ketika kita berbuat dosa dan mengejarkan sholat lalu memohon ampun, niscaya Allah SWT akan memberikan ampunan. Dalam sabdanya, Nabi Muhammad SAW juga menyampaikan Surat Ali Imran ayat 135.

"Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui. (QS Ali Imran ayat 135).

Bagaimana tata cara sholat taubat? Kapan waktunya? Berikut penjelasan lengkapnya:

- Waktu Sholat Taubat

Sholat tersebut bisa dilakukan kapan saja saat kamu merasa sudah melakukan dosa. Namun mayoritas dilakukan pada tengah malam setelah sholat Isya dan disertai setelah tidur. Kamu bisa melanjutkan dengan sholat tahajud setelah sholat taubat di sepertiga malam.

Kamu juga perlu tahu ada waktu-waktu yang terlarang untuk sholat taubat. Waktu yang sebaiknya tidak dilakukan sholat taubat di antaranya: antara Sholat Ashar sampai matahari terbenam dan saat matahari terlihat di tengah-tengah persis hingga condong.

- Niat Sholat Taubat

أُصَلِّي سُنَّةَ التَّوْبَةِركعتين مستقبل القبلة لله تعالى

"Usholli sunnatat taubati rok'ataini mustaqbilal qiblati lillaahitaala."

Artinya:

"Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat menghadap kiblat karena Allah SWT."

- Tata Cara Sholat Taubat

Sholat taubat dilakukan dua rakaat. Berikut urutannya:

1. Membaca niat

2. Takbirotul Ihram

3. Membaca doa Istiftah/iftitah

4. Membaca surat Al Fatihah

5. Membaca surat dari Alquran

6. Rukuk

7. I'tidal (Membaca doa i'tidal)

8. Sujud

9. Duduk di antara dua sujud

10. Sujud kedua

11. Bangun melanjutkan rakaat kedua seperti urutan di atas sampai 10.

12. Tasyahud akhir (Membaca bacaan tasyahud akhir)

13. Salam

14. Berdoa mohon ampunan.

Setelah melakukan tata cara sholat taubat dua rakaat, selanjutnya membaca doa. Bagaimana bacaan doa sholat taubat? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2