Arti Barakallah, Ucapan Balasannya dan Kapan Penggunaannya yang Benar

Anggi Mayasari - wolipop Sabtu, 18 Sep 2021 13:00 WIB
ulang tahun Arti barakallah dan jawaban balasannya. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Barakallah kerap kali terdengar dalam percakapan dan kehidupan sehari-hari. Lalu, apa arti barakallah?

Barakallah merupakan ungkapan bahasa Arab yang bermakna doa. Kata Barakah berarti "berkah" atau "memberkati". Allahu adalah "Allah" dan Dia adalah subjek atau pelaku dari kata kerja tersebut.

Arti barakallah jadi Allah melakukan berkah atau Allah memberkati. Barakallah juga bermakna diberkahi Allah.

Berikut lebih lengkap penjelasan arti barakallah:

1. Barakallahu Fiik

Kata barakallah diikuti dengan fiek atau fikum. Barakallah fiek atau barakallah fikum artinya "semoga Allah memberkati kamu".

Cara penulisannya berbeda:

Barakallahu fiik
Barak allahu fiik
Barakallahu fik
Barakallahu fikum
Barakallahu fiikum

Cara penulisannya dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut:

بارك الله فيك

Pengucapannya tak terlalu berbeda karena baik yang berakhiran fiika (untuk laki-laki) maupun fiiki (untuk perempuan), sama-sama dibaca fiik. Sementara itu, berakhiran fikum untuk mendoakan banyak orang. Barakallahu fikum (semoga Allah memberkahi kalian).

2. Barakallahu Lak

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ

Barakallahu lak diucapkan sebagai ungkapan rasa syukur dan terimakasih kepada seseorang saat kita berbicara dengannya. Arti barakallahu lak adalah semoga Allah menganugerahkan berkah kepadamu.

Pengucapannya tidak terlalu berbeda karena baik yang berakhiran laka (untuk laki-laki) maupun laki (untuk perempuan), sama-sama dibaca lak. Namun jika yang didoakan banyak orang, maka ucapannya adalah "Barakallahu lakum" yang artinya semoga Allah memberkahi kalian.

3. Kapan Mengucapkan Barakallah?

Barakallah sering dikatakan sebagai ungkapan terima kasih kepada orang lain. Arti harfiahnya bukan terima kasih. Ini adalah ekspresi untuk menunjukkan rasa syukur dan berkat langsung dari Tuhan kepada orang tersebut. Secara tradisional, itu dikatakan sebagai tanggapan terhadap seseorang yang mengucapkan Jazakallah atau Jazakallah Khiran.

Ada hadits yang mengatakan bahwa seseorang harus mengucapkan Barakallah Fikum atau lakum untuk mengucapkan selamat kepada seseorang yang akan menikah:

Diriwayatkan bahwa Al-Hasan berkata: "Aqil bin Abi Thalib menikahi seorang wanita dari Bani Jusham, dan dikatakan kepadanya: 'Semoga kamu hidup rukun dan memiliki banyak anak laki-laki.' Dia berkata: 'Katakan apa yang Rasulullah bersabda: Barak Allahu fikum, wa baraka lakum. (Semoga Allah memberkati Anda dan melimpahkan berkah kepada Anda.)'"

Grade : Hasan (Darussalam) Referensi : Sunan an-Nasa'i 3371 Referensi dalam buku : Buku 26, Hadits 176 Terjemahan bahasa Inggris : Vol. 4, Buku 26, Hadis 3373.

4. Balasan Ucapan Barakallah

Barakallah baik berupa barakallahu fiik atau barakallah lak merupakan doa, jadi jawabanmu ketika mendengarnya adalah "aamiin" atau "aamiin ya Rabbal alamiin". Selain itu, bisa juga dijawab dengan mendoakan kembali orang tersebut, "wafiika barakallah" yang artinya "dan semoga Allah juga memberkahimu"

Jika yang mendoakan adalah perempuan, maka jawaban barakallah adalah "wafiiki barakallah". Jika yang mendoakan banyak orang, maka jawaban barakallah adalah "wafiikum barakallah"

Itulah arti barakallah dan bagaimana jawaban serta kapan penggunaannya yang benar. Semoga bermanfaat!



Simak Video "Selesaikan Misi Permen Dalgona 'Squid Game' Dapat Buku Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)