Mengajarkan Isi Kandungan Surat Al Fatihah pada Anak

Kristina - wolipop Kamis, 06 Mei 2021 05:30 WIB
Moeslem Woman Reading Al-Quran Foto: Getty Images/iStockphoto/Poetra Dimatra/Mengajarkan Isi Kandungan Surat Al Fatihah pada Anak
Jakarta -

Surat Al Fatihah merupakan surat pertama dalam Al Quran yang sering disebut dengan surat pembuka. Surat ini memiliki banyak mukjizat yang bisa diajarkan kepada anak.

Mukjizat surat Al Fatihah dijelaskan dalam berbagai hadits nabi SAW. Salah satunya sebagaimana diriwayatkan oleh Ad Darimi dan Baihaqi, dari Abdul Malik bin Umair yang berkata, Rasul SAW bersabda: "Surat al Fatihah adalah obat dari segala penyakit." (HR. Ad Darimi & Baihaqi).

Dikutip dari buku Meraih Makrifat dan Mukjizat Surah Al Fatihah oleh Muhammad Alcaff, mengajarkan surat Al Fatihah kepada orang lain pernah dilakukan Rasulullah SAW kepada Jabir bin Abdillah.

Rasulullah SAW berkata kepada Jabir bin Abdillah: "Wahai Jabir, maukah aku ajarkan kepadamu surah terbaik yang Allah turunkan dalam Kitab-Nya? Jabir menjawab: Mau ya Rasulullah. Demi ayah dan ibuku, ajarkan surah tersebut padaku! Lalu Rasul SAW mengajarkan surah al Fatihah kepada Jabir."

Kemudian Rasul SAW melanjutkan sabdanya: "Wahai Jabir, maukah aku beritahukan kepadamu tentang surah al Fatihah? Jabir menjawab: Mau ya Rasulullah. Demi ayah dan ibuku, beritahukan kepadaku tentang surat tersebut! Rasul SAW bersabda: Ia (surah al Fatihah) adalah obat segala penyakit kecuali kematian."

Surat Al Fatihah menjadi bacaan wajib bagi setiap umat Islam. Surat yang terdiri dari tujuh ayat ini dibaca ketika melakukan ibadah sholat, baik sholat wajib, maupun sholat sunnah.

Dalam sebuah riwayat mengatakan, orang tua yang mengajarkan Al Quran kepada anak memiliki banyak keutamaan. Sebagaimana diriwayatkan Imam Thabrani:

Dari Anas RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa mengajarkan anaknya membaca Al-Qur'an , maka dosa-dosanya yang akan datang dan yang telah lalu akan diampuni. Dan barangsiapa mengajarkan Al Quran pada anaknya sehingga menjadi Hafizh Qur'an, maka pada hari Kiamat ia akan dibangkitkan dengan wajah yang bercahaya seperti cahaya bulan purnama, dan dikatakan kepada anaknya: "Mulailah membaca Al-Qur'an !" Ketika anaknya mulai membaca satu ayat Al-Qur'an , maka ayahnya dinaikkan satu derajat, demikian terus ditinggikan derajatnya hingga tamat bacaannya." (HR. Imam Thabrani)

Lantas, apa saja isi kandungan surat Al Fatihah yang bisa diajarkan pada anak? Baca di SINI ya.



Simak Video "KuTips: Cara Baca Al-Qur'an dengan Tanda Waqaf"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)