Ini Cara Ajarkan Anak Hikmah Berpuasa di Bulan Ramadhan

Lusiana Mustinda - wolipop Senin, 26 Apr 2021 21:00 WIB
anak-anak berpuasa Foto: istimewa
Jakarta -

Hikmah berpuasa tidak hanya mendapatkan pahala. Akan tetapi juga dapat menyeimbangkan hidup, melatih disiplin waktu hingga melatih kesabaran.

Berpuasa di bulan Ramadhan menjadi salah satu ibadah wajib yang dikerjakan selama satu bulan penuh selama bulan Ramadhan. Dikutip dalam buku "Bekal Ramadhan dan Idul Fitri (1): Menyambut Ramadhan" oleh Saiyid Mahadhir, Lc, MA, puasa dalam bahasa adalah hasil terjemahan dari bahasa Arab yang diambil dari kata shaum atau shiyam.

Sedangkan arti puasa menurut istilah adalah menahan diri dari segala yang membatalkannya dengan cara-cara yang khusus.

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 183:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," (QS: Al-Baqarah ayat 183).

Lalu kapan anak-anak dapat dilatih untuk melaksanakan puasa? Menurut anggota Divisi Pembinaan Keluarga Majelis Tabligh PP'Aisyiyah, Dr Hibana Yusuf, M.Pd., atau Ustazah Ana, secara biologis, anak-anak yang berusia 7 tahun mereka dapat dilatih untuk mengurangi makan dan minum. Latih juga untuk dibiasakan ikut sahur dan berpuasa hingga petang jika sudah kuat secara fisik dan mental.

Secara edukasi, sebenarnya sebelum anak usia 7 tahun juga sudah dilatih untuk ikut berpuasa. Meskipun tidak satu hari penuh, si kecil bisa melaksanakan sahur dan berpuasa semampunya.

Mengajarkan si kecil berpuasa bisa dimulai dengan menjelaskan apa itu arti puasa dan juga mengapa kita harus mengerjakannya.

"Anak bisa menahan diri mulai dari terbit fajar atau Subuh hingga terbenam matahari atau Magrib," ujar Ustazah Ana.

Selain menjelaskan tentang kewajiban berpuasa Ramadhan, ada juga beberapa tahap mengenalkan puasa pada si kecil.

Yuk KLIK DI SINI untuk lihat berbagai penjelasan tentang ajarkan si kecil berpuasa dari ustazah Ana.



Simak Video "KuTips: Cara Baca Al-Qur'an dengan Tanda Waqaf"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)