3 Cara Ajarkan Anak Sholat Tarawih di Bulan Puasa

Puti Yasmin - wolipop Kamis, 08 Apr 2021 09:06 WIB
Anak belajar sholat Foto: iStock/3 Cara Ajarkan Anak Sholat Tarawih di Bulan Puasa
Jakarta -

Sholat Tarawih merupakan salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan di bulan suci Ramadhan. Dalam hadits riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda mengenai keutamaan sholat tarawih.

"Siapa saja yang menjalankan sholat qiyam (tarawih) pada bulan Ramadhan dengan landasan iman dan mengharapkan pahala, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya."

Orang tua pun bisa mengajarkan anak untuk melaksanakan sholat tarawih agar mereka tidak bingung. Namun, orang tua juga harus memerhatikan bagaimana cara mengajarkan niat, doa, dan bacaan sholat tarawih kepada si Kecil ya.

Sebab, menurut ustaz Yahyah Zainul Ma'arif atau Buya Yahya, menyampaikan kebaikan memiliki aturan tersendiri. Maka dari itu, orang tua tidak perlu marah ketika mengajarkan sholat tarawih kepada anak.

"Kadang kita ingin perubahan pada anak kita, itu seperti anak dijadikan robot. Anak belum bisa yang ini sudah dimarahi, tapi harus bisa yang berikutnya lagi. Sehingga, bahasa kita ke anak tidak santun, tapi dengan amarah," kata Buya Yahya, dikutip dari YouTube Al-Bahjah TV, Senin (5/4/21).

Terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai jumlah rakaat sholat tarawih. Dalam buku 'Fiqih Islam Wa Adillatuhu' karya Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhali jilid 2, kaum Muhajirin dan Anshar disebut melakukan sholat tarawih 20 rakaat. Pendapat ini kemudian diikuti oleh sejumlah ulama.

Selain itu, ada juga yang berpendapat sholat tarawih sebanyak 36 rakaat di luar sholat syafa' dan witir. Pendapat ini mengikuti kebiasaan di masa Khalifah Umar bin Abdul Aziz dan penduduk Madinah di masa itu.

Sebagian ulama mengatakan, sholat tarawih tidak lebih dari 13 rakaat. Sebagaimana diriwayatkan oleh Aisyah RA. Sang Ummul Mukminin itu berkata, "Rasulullah SAW tidak pernah menambah sholat qiyam lebih dari 13 baik saat bulan Ramadhan mau pun di bulan-bulan lainnya."

Ibnu Abbas dalam hadits yang diriwayatkan Imam al Bukhari mengatakan pernah bersama Rasulullah mengerjakan sholat malam. "Beliau sholat dua rakaat, dua rakaat, dua rakaat, dua rakaat, dua rakaat, dua rakaat dan witir satu rakaat," kata Ibnu Abbas.

Ibnu Taimiyah dalam Fataawaa Ibnu Taimiyyah volume 23 halaman 112 menjelaskan semua pendapat mengenai jumlah rakaat sholat tarawih tersebut baik dan bagus. Sementara Imam Ahmad mengatakan, sholat tarawih di bulan Ramadhan tidak ditentukan rakaatnya.

" Sebab Rasulullah sendiri tidak menentukannya. Jadi banyak sedikitnya rekaat tergantung lama dan tidaknya sholat."

Nah, tips mengajarkan anak tata cara sholat tarawih bisa dibaca DI SINI ya!

(pay/erd)