Keutamaan Berbakti kepada Orang Tua dalam Islam

Lusiana Mustinda - wolipop Selasa, 02 Feb 2021 05:30 WIB
Young Asian Muslim teaching her sister to reading a book Foto: iStock
Jakarta -

Di dalam Tafsir Ibnu Katsir dijelaskan tentang keutamaan berbakti kepada orang tua. Di situdisebutkan bahwa menghormati orang tua merupakan hal yang penting dilakukan. Sebab seorang anak bisa lahir ke dunia lantaran ada kedua orang tuanya.

Allah SWT berfiirman dalam surat Luqman ayat 14 yang di dalamnya terdapat perintah untuk berbakti kepada kedua orang tua:

وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِۚ حَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَّفِصَالُهٗ فِيْ عَامَيْنِ اَنِ اشْكُرْ لِيْ وَلِوَالِدَيْكَۗ اِلَيَّ الْمَصِيْرُ

wa waṣṣainal-insāna biwālidaīh, ḥamalat-hu ummuhụ wahnan 'alā wahniw wa fiṣāluhụ fī 'āmaini anisykur lī wa liwālidaīk, ilayyal-maṣīr

Artinya: Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.

Dalam ayat di atas, Allah menggandengkan hak kedua orang tua dengan tauhid karena penciptaan pertama berasal dari Allah, sedangkan penciptaan, pendidikan, keduanya berasal dari pihak kedua orang tua. Dengan demikian Allah menggandengkan terima kasih kepada keduanya dengan ucapan terima kasih kepada Allah SWT.

Berbakti kepada kedua orang tua dalam Al-Qur'an dan As-sunnah juga tercantum dalam surat An-Nisaa ayat 36:

وَٱعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا۟ بِهِۦ شَيْـًٔا ۖ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا وَبِذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱلْجَارِ ذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْجَارِ ٱلْجُنُبِ وَٱلصَّاحِبِ بِٱلْجَنۢبِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَٰنُكُمْ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ مَن كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

Artinya: "Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri," (QS: An-Nisaa: 36)

Seorang anak yang durhaka terhadap ibu atau bapaknya tidak akan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Hadits tentang ridho kepada orang tua diriwayatkan oleh HR. Tirmidzi yang berbunyi: "Ridho Allah itu tergantung ridho kedua orang tua dan murka Allah juga tergantung kepada murka kedua orangtua." (HR. Tirmidzi).

Dilansir dalam buku 'Keajaiban Doa & Ridho Ibu' oleh Mutia Mutmainnah, menuliskan doa kedua orangtua dan berbakti kepada kedua orang tua sangat berpengaruh dalam kunci kesuksesan anak-anaknya. Rasulullah Saw bersabda:

"Doa orangtua untuk anaknya sama seperti doa nabi terhadap umatnya." (HR. Ad Dailami).





Simak Video "Tips Ungkapkan Rasa Cinta ke Orang Tua"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)