Doa Masuk Rumah dalam Arab, Latin, dan Artinya

Rosmha Widiyani - wolipop Senin, 30 Nov 2020 05:25 WIB
ilustrasi berdoa Foto: iStock/Doa Masuk Rumah dalam Arab, Latin, dan Artinya
Jakarta -

Doa masuk rumah pernah diajarkan oleh Rasulullah Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. Ada beberapa hadits yang menyebutkan bacaan tentang doa masuk rumah.

Doa masuk rumah yang agak panjang terdapat dalam hadits Abu Dawud yang diriwayatkan dari Abu Malik Al-Ash'ari berikut ini.

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ "‏ إِذَا وَلَجَ الرَّجُلُ فِي بَيْتِهِ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا ثُمَّ لْيُسَلِّمْ عَلَى أَهْلِهِ ‏"‏

Artinya: Rasulullah SAW berkata, seseorang saat masuk rumah hendaknya berkata, "Allahumma inni asaluka khayra maulaji, wa khayral makhraji, bismillahi walajna, wa bismillahi khrajna, wa 'alallahi rabbana tawakkalna-Ya Allah aku memohon kebaikan saat masuk dan keluar rumah, dengan namaMu ya Allah kami masuk, dan dengan namaMu kami keluar, dan hanya kepadaMulah kami bertawakal. Setelah itu dia mengucapkan salam pada keluarga (penghuninya)." (HR Abu Daud).

Rasulullah SAW dalam hadist yang lain mengajarkan sikap dan doa masuk rumah yang lebih singkat untuk diamalkan umatnya. Tentunya doa dalam hadist ini juga berharap kebaikan dari Allah SWT.

Doa masuk rumah

قَالَ حَدَّثَنَا رَجُلٌ، مِنْ بَنِي عَامِرٍ أَنَّهُ اسْتَأْذَنَ عَلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم وَهُوَ فِي بَيْتٍ فَقَالَ أَلِجُ فَقَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم لِخَادِمِهِ ‏ "‏ اخْرُجْ إِلَى هَذَا فَعَلِّمْهُ الاِسْتِئْذَانَ فَقُلْ لَهُ قُلِ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ أَأَدْخُلُ ‏"‏ ‏.‏ فَسَمِعَهُ الرَّجُلُ فَقَالَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ أَأَدْخُلُ فَأَذِنَ لَهُ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم فَدَخَلَ

Artinya: Seseorang dari Banu Amir berkata, dia bertanya pada Nabi Muhammad SAW untuk mengizinkannya masuk rumah beliau saat Nabi Muhammad SAW ada di dalam rumah. Dia berkata, "Bolehkah saya masuk?" Nabi Muhammad SAW berkata pada pelayannya, "Keluarlah dan ajarkan cara meminta izin saat masuk rumah" Nabi Muhammad SAW kemudian berkata, "Katakan Assalamu a'laykum-Semoga damai selalu bersamamu, bolehkah saya masuk?" Laki-laki ini mendengar dan melakukan seperti yang diajarkan Nabi Muhammad SAW, setelah itu Nabi Muhammad SAW mengizinkannya masuk rumah. (HR Abu Daud).

Dengan adanya hadist Nabi Muhammad SAW yang diceritakan Rib'i ini, maka tiap muslim tak punya alasan lagi untuk tidak membaca doa masuk rumah. Bacaan doa bisa dipilih yang pendek atau panjang sesuai kemampuan tiap muslim.

Bacaan doa masuk rumah, seperti yang lain, sesungguhnya tak hanya berharap kebaikan pada yang membaca doa. Namun juga pada orang lain yang ikut dalam doa tersebut.

Dengan keyakinan ini maka sesungguhnya tak ada ruginya selalu membaca doa masuk rumah di tiap kesempatan. Insya Allah berkah Allah SWT selalu membersamai kehidupan tiap muslim.



Simak Video "Nurul si Pendongeng Cantik - Sunsilk Hijab Hunt 2019 Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)