Hadits Menutup Aurat untuk Wanita, Seperti Apa Hukumnya?

Lusiana Mustinda - wolipop Rabu, 17 Jun 2020 05:31 WIB
Beautiful Muslim woman looking at mirror and putting face cream. Muslim woman with hijab looking at her face in the mirror. Smiling muslim lady applying moisturizing face cream, skin care, cosmetology Hadits tentang menutup aurat. Foto: Getty Images/iStockphoto/dragana991
Jakarta -

Profesor Huzaemah Tahido Yanggo, MA dalam bukunya Problematika Fikih Kontemporer menyebutkan, di Indonesia kewajiban mengenakan jilbab untuk menutup aurat bagi wanita muslimah masih menjadi pro dan kontra. Jilbab dianggap sebagai budaya arab.

Padahal menurut Ketua Bidang Fatwa Majelis Ulama Indonesia itu, hukum menutup aurat bagi wanita itu sudah jelas tercantum dalam Al Quran dan hadits. Aurat menurut istilah hukum islam artinya batas minimal dari bagian tubuh yang wajib ditutupi karena perintah Allah SWT.

"Ulama telah sepakat mengatakan bahwa selain wajah, kedua telapak tangan dan kedua telapak kaki serta seluruh badan wanita adalah aurat," tulis Profesor Huzaemah Tahido Yanggo seperti dikutip Tim Hikmah detikcom dalam buku, 'Problematika Fikih Kontemporer.'


Buku 'Telapak Kaki Wanita Auratkah? ' oleh Nur Azizah, Lc dijelaskan beberapa dalil menutup aurat dan artinya seperti berikut ini:

1. Al-Qur'an

Allah SWT berfirman:

"Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan." (QS. Al-A'raf: 26).

Allah SWT berfirman:

"Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". (QS Al-Ahzab: 59).

Allah SWT berfirman:

"Dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. (QS. An-Nuur: 31).

2. As-Sunnah

Ada beberapa hadits tentang kewajiban menutup aurat wanita. Diriwayatkan dalam hadits At-Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda:

"Tutuplah auratmu kecuali dari istrimu atau budak perempuanmu."

Dikutip dari buku 'Bukan Dosa Ternyata Dosa' oleh Abduh Al-Baraq ada jugaa hadits tentang menutup aurat bagi wanita yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Baihaqi dari Aisyah ra:

"Bahwasanya Asma binti Abu Bakar masuk menjumpai Rasulullah Saw dengan pakaian yang tipis, lantas Rasulullah Saw berpaling darinya dan berkata, "Hai Asma sesungguhnya jika seorang wanita sudah mencapai usia haid (akil baligh) maka tak ada yang layak terlihat kecuali ini, sambal beliau menunjuk wajah dan telapak tangan."



Simak Video "Menilik Koleksi Clothing Busana Syar'i Si.Se.Sa"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)