Selebgram dan YouTuber Amena Khan Umumkan Lepas Hijab, Jadi Kontroversi

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 14 Jun 2020 08:05 WIB
Amena Khan Selebgram Amena Khan Memutuskan Melepas Hijab. Foto: Dok. Instagram Amena Khan
Jakarta -

Influencer dan YouTuber yang dikenal karena kerap memberikan tutorial hijab Amena Khan membuat pengumuman kontroversial. Amena memutuskan melepas hijab yang selama ini dia kenakan.

Amena Khan merupakan selebgram dan YouTuber yang populer setelah mendirikan merek fashion hijab, Pearl Daisy. Amena juga pernah terpilih sebagai menjadi model berhijab pertama dalam kampanye perawatan rambut L'Oreal. Ibu dari dua orang anak itu pernah datang ke Indonesia pada 2015, saat diundang oleh Dian Pelangi dalam acara Sisterhood untuk memberikan kisahnya sebagai hijabers.

Dilansir dari Asian Image, influencer 36 tahun itu membuat keputusan yang mengejutkan warganet. Dia mengunggah foto di Instagram pada 3 Juni 2020 yang memperlihatkan peampilannya tanpa hijab. Dia juga mengunggah video yang menjelaskan keputusannya untuk melepas hijabnya.

Amena Khan yang lahir di Leincester, Britania Raya ini mulai mengenakan hijab sejak usia 22 tahun. Pada saat itu ia merasa wanita yang berlatar belakang sepertinya yaitu berhijab tak pernah tampil di layar kaca dan itulah yang mendorongnya untuk menjadi model hijab. Ia pun kerap membagikan tutorial hijab di akun Youtubenya, Amena. Akan tetapi, pada 3 Juni 2020 Amena mengumumkan keputusannya dengan membuat video yang berjudul 'Change....'.

[Gambas:Instagram]

"Ini adalah video yang aneh untuk direkam sekarang dengan segala sesuatu yang terjadi di dunia. Tapi aku telah menunda karena telah ada begitu banyak terjadi di seluruh dunia dan aku tidak sepenuhnya yakin sekarang adalah waktu yang tepat. Tapi aku memang merasa sekarang adalah waktu yang tepat karena ada banyak yang ingin aku katakan dan melakukan hal itu terkait dengan proyek lain yang aku kerjakan. Dan aku tidak ingin terus menjadi sesuatu yang menjadi orang lain inginkan di dunia maya, dibandingkan dengan kehidupan pribadi aku dalam dunia nyata. Karena beberapa hari yang lalu aku berhenti mengenakan hijab dan aku merasa seperti aneh ketika aku tidak memakainya dalam kehidupan pribadi dan menundanya demi konten karena itu tidak benar," demikian Amena Khan berbincara dalam videonya yang hingga saat ini sudah ditonton lebih dari 518 ribu kali di YouTUbe.

"Dari lubuk hatiku yang paling dalam, aku ingin meminta maaf jika video ini menjengkelkan bagi kamu atau jika aku telah melakukannya dengan cara yang salah atau menggunakan kata yang salah atau menyinggung siapa pun. Aku benar-benar menyesal jika apa yang aku lakukan ini menjengkelkan bagi siapa pun. Namun, dengan perubahan ini aku berbagi kebenaran dan aku tahu itu tidak akan bergaung dengan semua orang. Dan jika itu bukan untuk kamu maka itu akan baik-baik saja. Aku ingin berterima kasih karena telah bergabung denganku dalam perjalanan sejauh ini," ujarnya.

Amena Khan Mundur dari LorealAmena Khan saat masih berhijab. Foto: Instagram

Amena Khan yang menikah dengan Osaama Khamkar pada 2006 ini juga mengatakan kepada pengikutnya, khususnya para pecinta Pearl Daisy, bahwa dia akan terus menjadi pelanggan yang mencintai produknya. Dia juga mengucapkan bahwa ada banyak merek mode yang dipimpin oleh orang-orang yang bahkan tidak memakai pakaian tersebut.

"Aku selalu berdiri untuk wanita dengan apa pun keputusan yang mereka pilih untuk tubuh mereka. Aku akan selalu berdiri dengan para wanita muslim," kata wanita yang pernah mendirikan merek kosmetik khusus untuk wanita berkulit gelap, Ardere Cosmetic pada 2015 itu menambahkan.

Pengumuman Amena Khan yang menyatakan melepas hijab itu langsung menjadi viral. Videonya sejauh ini sudah mendapatkan 17.503 komentar. Banyak warganet yang menyayangkan keputusannya dan mengkritiknya.

"Kamu tampak lebih baik dengan hijab, lebih cantik dan saleh. Apakah kamu hidup untuk diri sendiri atau untuk Allah, karena ketika tidak memakai hijab pasti untuk diri sendiri dan tidak membuat Allah bahagia. Jika kamu menyimpannya untuk video kamu sendiri, mungkin kamu akan mulai memakainya dalam kehidupan sehari-hari juga. Semoga Allah membimbing kamu ke jalan yang lurus. Uang dan ketenaran bersifat sementara, dunia ini bersifat sementara, Aku pikir kamu lupa bahwa selama kamu sukses sebagai model dan YouTube dengan hijab," kata akun Youtube Mottymano.

Fakta Amena Khan Hijabers InggrisFakta Amena Khan Hijabers Inggris Foto: Instagram

"Pesan untuk semua wanita muslimah baik tua dan muda, hindari media sosial. Anda mungkin menjadi seperti ini jika Anda tidak memainkannya. Media sosial adalah penyakit. Lindungi hatimu dan dirimu sendiri. Semoga Allah melindungi kita. Saya datang ke sini untuk melihat permintaan maaf dan alasan dia tentang keputusannya. Semoga Allah membimbingnya ke jalan yang lurus dan menjaganya tetap di atasnya. Jika dia hanya menyadari. Saya berharap sebelum semuanya terlambat," kata akun Chloe Alexandra.

"Sangat mengecewakan melihat seorang influencer melepas hijabnya karena mereka selama ini menjadi role model bagi para hijabers," kata pengguna YouTube bernama @lunicorn.

Sebelum Amena Khan, influencer berhijab populer Dina Tokio juga menjadi kontroversi karena memutuskan melepas hijabnya. Padahal sebelumnya Dina dikenal karena tutorial hijabnya yang banyak ditiru hijabers.



Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)