Makna Kata Minal Aidin Wal Faizin dan Kumpulan Ucapannya

Puti Yasmin - wolipop Minggu, 24 Mei 2020 21:19 WIB
muslim asian people forgiving on eid mubarak tradition. apologizing each other isolated over white Foto: iStock/Makna Kata Minal Aidin Wal Faizin dan Kumpulan Ucapannya
Jakarta -

Hari raya Idul Fitri identik dengan ucapan selamat dan maaf-maafan. Salah satu kata yang biasa dipakai adalah Minal Aidin Wal Faizin. Lantas, apa maksudnya?

Dikutip dari buku 'Lentera Hati: Kisah dan Hikmah Kehidupan' karya Quraish Shihab, Minal Aidin Wal Faizin tidak memiliki maksud atau arti yang pasti. Sebab kalimat tersebut tidak tertulis di dalam Al Quran maupun hadist.

Sedangkan, bila ditrafsirkan 'Minal Aidin' mengandung arti '(semoga kita) termasuk orang-orang yang kembali.' Dalam bukui itu, Quraish menjelaskan maksud kembali adalah kembali fitrah, suci, atau kembali pada agama yang benar setelah beribadah puasa selama satu bulan penuh.

Harapannya, kalimat itu menjadi doa dan gambaran umat Islam pada hari raya Idul Fitri, yakni menjadi suci kembali layaknya baru pertama kali dilahirkan ke dunia.

"Setelah mengasah dan mengasuh jiwa, yaitu berpuasa,selama satu bulan, diharapkan setiap Muslim dapat kembali ke asal kejadiannya dan menemukan 'jati dirinya', yaitu kembali suci sebagai mana ketika ia baru dilahirkan," tulis Quraish dalam buku tersebut dikutip detikcom, Minggu (24/5/2020).

Berikut kumpulan kalimat Minal Aidin Wal Faizin yang bisa diucapkan:

1. Minal Aidin Wal Faizin. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita semua diberkahi di hari kemenangan ini.

2. Setelah 30 hari berpuasa, kita akan kembali suci. Saatnya merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dengan suka cita dan kegembiraan bersama keluarga besar.

3. Gema takbir sudah berkumandang, bulan puasa pun telah meninggalkan kita. Hati ini ingin melengkapi dengan memohon maaf bila ada kata atau perbuatan yang tidak berkenan. Mohon maaf lahir dan batin.

4. Taqobballahu minna wa minkum. Semoga amalku dan amal kalian diterima oleh Allah SWT. Selamat hari raya Idul Fitri 1441 H.

5. Minal Aidin Wal Faizin semuanmya, Dengan semua kerendahan hati memohon maaf agar disalahkan atas setiap salah yang pernah terjadi di antara kita.

6. Idul Fitri menjadi hari lahirnya jiwa-jiwa yang suci. Penuhi hari kemenangan ini dengan kebaikan. Mohon maaf lahir batin. Selamat hari raya Idul Fitri.

7. Tak bertemu buka berarti diri ini tak merindukanmu. Hanya kalimat yang mampu kukirim untuk meminta maaf. Minal Aidin Wal Faizini. Mohon maaf lahir batin.



Simak Video "Tips Memadu Padankan Batik untuk Hari Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)