Tren Baju Lebaran 2020

Desainer Indonesia Ungkap Tren Baju Lebaran 2020 #dirumahaja

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 16 Mei 2020 10:10 WIB
Rekomendasi dress lebaran dari Geulis.id Tren Baju Lebaran 2020. Foto: Dok. RiaMiranda
Jakarta -

Hari Raya Lebaran 2020 tinggal menghitung hari. Namun Lebaran 2020 ini akan berbeda karena di tengah pandemi Corona, kita diwajibkan di rumah saja guna mencegah penyebaran virus tersebut.

Lantas kalau Idul Fitri di rumah saja, masihkan memakai baju Lebaran? Sejumlah desainer Tanah Air meyakini bisnis baju Lebaran mereka tetap diminati konsumen. Ada masyarakat yang tetap ingin tampil cantik di Hari Raya baik itu untuk kepentingan foto bersama atau silaturahmi online.

Lalu seperti apa tren baju Lebaran 2020 ini? Ria Miranda, perancang busana yang dianggap mempengaruhi tren pemakaian busana muslim di tanah air mengatakan untuk koleksi Idul Fitri 2020 ada beberapa inovasi baru yang dilakukannya.

"Kalau buat brand Ria Miranda ada beberapa inovasi baru, di bagian lengan bisa dua style yang membentuk lengang terompet tapi bisa ditutup, selain wudhu friendly juga ada kesan feminin. Secara umum tren warna tidak lagi yang pastel sweet pinkish renda-renda gitu, mayoritas brand modest wear menggunakan warna yang lebih berani dan siluetnya jadi lebih casual. Mungkin sudah prediksi akan ada dampak corona jadi orang #dirumahaja," jelas Ria Miranda saat dihubungi oleh Wolipop pada Sabtu (2/5/2020).

Tren Baju Lebaran 2020.Tren Baju Lebaran 2020. Foto: instagram @kamiidea



Sementara itu brand busana muslim Kami untuk model baju lebaran 2020 merilis koleksi dalam warna cokelat atau earthy tone. Namun pada 2020 ini mereka juga merilis busana muslim yang lebih colorful.

"Kami sebenarnya udh mulai trend earthy dari tahun lalu, dan sampai sekarang Alhamdulilah masih menjadi pilihan warna yang disukai dan banyak yang menerima dengan baik. Dan untuk baju, trennya baju yang lebih nyaman, nggak terlalu banyak embelishment karena kemungkinan masih social distancing, orang mungkin akan Lebaran while stay at home. Tapi yang paling banyak dicari salah satunya adalah baju lebaran sarimbit," ujar Nadya Karina dan Istafiana Candarini, Founder & Creative Director of Kami, kepada Wolipop.

Hal senada diungkapkan brand Zyta Delia Official (ZD). Warna cokelat atau nude masih jadi favorit hijabers dan selebgram hijab. Namun ternyata pada 2020 ini ada satu warna baru yang juga banyak disukai hijabers.

Tren Baju Lebaran 2020.Tren Baju Lebaran 2020. Foto: instagram @inforiamiranda



"Warna cokelat itu selalu menjadi warna favorit semua orang. Dan kami sedikit menyampaikan nih rahasia, yaitu di 2020 ini warna ungu juga menjadi suatu tren baru di kalangan fashion (terutama tren untuk Hijab). Dan juga Melihat kondisi terkini, kami mencoba untuk memandang tren baju lebaran di tahun ini pastinya adalah suatu trend mode yang tidak terlalu ramai baik motif maupun warna. Karena tentu Lebaran akan berbeda dengan Lebaran sebelumnya," tutur pendiri Zyta Delia Official, Zyta Delia Rahma dan kakak kandungnya Achmad Ziki R.H kepada Wolipop.

Sedangkan menurut perancang busana, Ayu Dyah Andari yang dikenal lewat brandnya By Ayu Dyah Andari, baju Lebaran yang dicari muslimah adalah yang bisa dipakai lagi setelah Idul Fitri.
"Dari aku tetap kekuatan di baju-baju cantik yang habis Lebaran bisa dipakai untuk ke kondangan, tapi needsnya itu berkembang dari yang tahun kemarin baju-baju cantik dominasinya, sekarang berimbang antara baju cantik dan baju ready to wear," kata Ayu.

Ivan Gunawan pun satu suara dengan Ayu Dyah Andari. Ivan mengatakan umumnya orang membeli baju Lebaran tidak hanya dipakai pada saat Idul Fitri saja, tapi juga untuk acara formal lainnya. "Setiap orang membeli baju saya bukan sekadar dipakai untuk Lebaran. Banyak yang menjadikan busana karya saya sebagai koleksi mereka, jadi bisa dipakai kapan saja tanpa terkait Lebaran," ucap Igun.





Simak Video "Tips Memadu Padankan Batik untuk Hari Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)