8 Cara Manfaatkan Waktu Ramadhan Ditengah Pandemi Corona

Lusiana Mustinda - wolipop Kamis, 30 Apr 2020 07:00 WIB
Duh, Kesalahan Membersihkan Rumah Ini Malah Bikin Rumah Keluarga Sehat Makin Kotor! membersihkan rumah. Foto: beautynesia
Jakarta -

Memasak dan makan sudah menjadi kegiatan kita sehari-hari terutama saat masa karantina. Namun saat Ramadhan tentu kita tidak bisa ngemil, sehingga membutuhkan kegiatan lain yang sifatnya bermanfaat.

Meskipun di rumah aja, kamu pun harus bergerak. Selain membuat tubuh sehat, juga menghilangkan stres.

Dikutip dalam Now This News, berikut ini beberapa kegiatan bermanfaat yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Berolahraga


Jika tak ingin terjebak hanya berdiam diri sepanjang hari, sebaiknya luangkan waktu untuk melakukan peregangan. Ini akan membantu melenturkan otot-otot kamu, terutama jika duduk dalam waktu lama.

Cobalah berjalan-jalan atau jogging ringan di halaman rumah. Atau bisa juga mencoba cardio dengan intensitas rendah, baik setelah makan sahur atau sebelum berbuka puasa, karena berolahraga di tengah hari tanpa makanan akan menyulitkan tubuh kamu.

Ilustrasi Tanaman HidroponikIlustrasi Tanaman Hidroponik Foto: cepris/Pixabay

2. Bertanam


Gunakan waktu luang untuk berkebun kecil-kecilan. Kamu bisa membeli bibit tanaman lokal secara online atau di toko tanaman. Jika tak sempat membeli bibit, kamu dapat memanfaatkan sisa-sisa dapur berupa sayuran yang masih ada akarnya seperti daun bawang dan seledri dapat di tumbuhkan kembali dengan menanamnya di dalam air terlebih dulu.

3. Coba Keahlian Baru


Selama masa karantina ini, kamu pun bisa loh menggali potensi diri kamu yang baru. Cobalah sesuatu yang menyenangkan dan kembangkan jurus kreatif mu. Idenya bisa kamu dapatkan dari mana saja, salah satunya adalah tutorial YouTube.

al quranal quran Foto: iStock

4. Membaca Al-Qur'an

Di bulan yang penuh berkah ini, pastikan selalu meluangkan waktu untuk beribadah dengan membaca Al Qur'an.

Al Quran diturunkan kepada Muhammad SAW dan umat manusia sebagai mukjizat. Alquran menjadi salah satu bukti yang tak terbantahkan akan kebenaran Muhammad sebagai Rasulullah sekaligus kebenaran Islam sebagai agama rahmatan lil'alamin.

Kemukjizatan Alquran terletak pada janji Allah SWT yang akan menjamin dengan dirinya sendiri memelihara dan menjaga-Nya. Sebagaimana firman-Nya, "Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Alquran dan sesungguhnya Kami pula yang memiliharanya." (QS. Al-Hijr [15]:9).

5. Membersihkan Rumah


Membersihkan rumah bisa kamu mulai dari sekarang selama Ramadhan (https://www.detik.com/tag/ramadhan) . Hal ini tentu membuat kamu lebih nyaman lagi tinggal di rumah. Jika banyak waktu, kamu juga bisa menata ulang beberapa furniture rumah agar terlihat lebih segar dan tak membosankan.

6. Istirahat


Saat bulan Ramadhan, di malam harinya disunahkan untuk mengerjakan sholat tarawih dan tadarus Al Qur'an. Sehingga kamu butuh waktu istirahat yang cukup agar tubuh kembali segar.

memasak.memasak. Foto: beautynesia

7. Memasak


Memasak bisa membuat kamu lebih semangat. Sebelum waktu berbuka, kamu bisa meracik menu makanan atau minuman sederhana yang bisa disajikan dan dinikmati bersama keluarga.

8. Mengikuti Kajian Online


Karena ditutupnya tempat-tempat umum dan tempat ibadah karena pandemi corona. Banyak ustaz yang mengadakan kajian online selama Ramadhan. Untuk menambah ilmu kamu bisa mengikuti beberapa kajiannya. Jadi karantina tak menjadi halangan kamu untuk belajar.



Simak Video "10 Universitas Terbaik Indonesia 2020 Versi Webometrics"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)