Ramadhan di Tengah Corona, Ini 7 Hal Positif yang Bisa Kamu Lakukan

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 23 Apr 2020 12:37 WIB
Ilustrasi wanita berhijab hijab Hal positif yang bisa dilakukan saat Ramadhan di tengah Corona. Foto: iStock
Jakarta -

100 negara di dunia sudah memberlakukan lockdown guna mencegah penyebaran wabah virus Corona yang menyerang saluran pernafasan itu. Dan kini sebagian negara di dunia yang penduduknya muslim harus bersiap menjalani Ramadhan di tengah Corona.

Ramadhan, yang jatuh di bulan kesembilan dalam Kalender Islam, menandai bahwa umat muslim wajib melaksanakan ibadah puasa mulai dari matahari terbit sampai terbenam. Menurut ajaran agama Islam, puasa di bulan Ramadhan, bisa menghapus seluruh dosa dan kesalahan yang telah diperbuat selama di dunia. Namun harus dengan kekuatan iman dan mengharapkan pahala dari ridha Allah SWT.

Tahun ini, hari pertama puasa akan dimulai pada 24 April 2020. Biasanya bulan Ramadhan menjadi ajang untuk bersilaturahmi dengan cara buka puasa bersama dengan keluarga dan teman di restoran atau kafe. Dan Ramadhan juga menjadi waktu yang tepat untuk beribadah di masjid. Mulai dari menjalani salat wajib berjamaah, tarawih hingga itikaf.

Namun, tahun ini berbeda dengan Ramadhan sebelumnya. Corona dan aturan lockdown membuat masyarakat harus tetap #dirumahaja, menjaga jarak dengan orang lain dan tidak salat berjamaah di masjid untuk menghindari keramaian. Lantas, bagaimana sebaiknya umat muslim menyambut Ramadhan di tengah Corona ini?

Dikutip dari Alarabiya, di tengah pandemi Corona ini ada beberapa hal positif yang dapat kamu lakukan selama bulan Ramadhan ini:

1. Menetapkan tujuan untuk beribadah

Sebelum dimulainya Ramadhan, kamu bisa bersedekah atau memperbanyak membaca Al Qur'an. Jika dulu saat bekerja di kantor atau melakukan aktivitas lainnya di luar rumah kamu seperti merasa diburu waktu, kini kamu memiliki lebih banyak waktu karena berada #dirumahaja. Waktu ini pun kamu bisa manfaatkan untuk membaca dua sampai lima halaman Al Qur'an setiap hari. Tetapkan tujuan kamu sebelum Ramadhan ini bahwa bulan suci yang akan datang di 2020 akan kamu jalani lebih baik dari sebelumnya.

2. Menyempurnakan ibadah kamu dan berdoa

Karena pemerintah di seluruh dunia telah meminta sebagian besar karyawan untuk tidak pergi ke kantor dan WFH, kamu bisa mengerjakan saat lima waktu tanpa merasa diburu waktu dan juga memanjatkan doa selama bulan suci Ramadhan ini dengan lebih khusyuk.

Buka puasa bersama teman atau kerabat bisa diganti dengan buka puasa virtual.Buka puasa bersama teman atau kerabat bisa diganti dengan buka puasa virtual. Foto: iStock

3. Mengadakan buka puasa virtual

Agenda buka puasa juga bisa kamu adakan bersama dengan teman-temanmu dengan menggunakan aplikasi video call. Iftar virtual bisa menjadi alternatif yang menyenangkan untuk tetap bersilaturahmi bersama dengan kerabat dan keluarga besar yang kamu cintai.

4. Mencoba resep masakan terbaru

Selama Ramadhan, mencoba resep baru setiap hari juga bisa kamu lakukan. Resep-resep ini bisa untuk kamu coba untuk menu berbuka puasa dan juga berbagi kepada sesama, seperti orang yang tidak mampu.

5. Memberikan sajian berbuka puasa kepada driver ojek online

Jika kamu sedang bingung mau memasak apa? Atau tidak punya waktu untuk memasak, memesan makanan melalui layanan pesan antar lewat aplikasi ojek online bisa menjadi pilihan. Ketika driver ojol tiba membawa pesanan makananmu, kamu bisa menyerahkan sajian untuk berbuka puasa seperti, kurma, dan sebotol air.

6. Donasi untuk orang yang kurang beruntung

Jika kamu ingin berbagi di bulan Ramadhan ini, pertimbangkan untuk menyumbangkan uang, pakaian layak pakai yang sudah tidak kamu pakai, atau makanan berbuka untuk badan amal setempat. Atau carilah bank dan organisasi yang dapat mengambil barang sumbangan dari rumah ke rumah untuk menghindari kamu pergi ke luar rumah.

7. Batasi waktu yang biasanya kamu habiskan di media sosial

Selama lockdown semuanya harus dikerjakan #dirumahaja dan untuk menghindari rasa bosan, biasanya orang akan memilih untuk membuka jejaring media sosial. Sehingga tidak mengherankan penggunaan media sosial akhir-akhir ini telah melonjak tajam secara global, menurut data yang diberikan oleh Statista.

Pada Ramadhan ini, daripada menghabiskan berjam-jam untuk membuka Twitter, Instagram atau Youtube, lebih baik manfaat waktu untuk menyempurnakan ibadah, merenungkan apa saja yang sudah kita perbuat, introspeksi diri, berdoa mohon ampun kepada Allah SWT dan juga membaca Al-Qur'an.

Bagaimana? Yuk lakukan aktivitas yang bermanfaat di bulan suci Ramadhan.



Simak Video "LDR sama Keluarga, Bikin Hampers Sendiri Yuk! "
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)