Barli Asmara Hingga ETU Rilis Busana Terinspirasi Bunga di MUFFEST 2020

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 23 Feb 2020 08:20 WIB
Muslim Fashion Festival 2020 Muslim Fashion Festival 2020. Foto: Abduh/Detikcom
Jakarta -

Empat desainer Indonesia, ETU, Ayu Dyah Andari, Barli Asmara dan KAMI menampilkan koleksi busana muslim terbarunya di gelaran Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020. Benang merah dari koleksi mereka adalah bertemakan bunga.

Ayu Dyah Andari menjelaskan koleksi busana muslim yang ditampilkannya kali ini bertajuk OASE, yang terinspirasi dari daerah subur yang ada di gurun pasir. "Ini yang merepresentasikan wanita cantik yang dapat mengubah tempat yang kering nan gersang sekalipun menjadi indah dengan kehadiran wanita tersebut dengan tangan penuh cintanya," ungkap Ayu di acara press conference fashion show yang dipersembahkan Wardah MUFFEST 2020 yang digelar di JCC Senayan, Sabtu (22/2/2020).

Ayu mengungkapkan warna yang digunakan pada koleksinya kali ini, broken white, smokey white, cream, champagne, serta pale green yang menggambarkan gurun pasir. Ada 12-13 looks yang dirilisnya dalam fashion shownya ini. Desainer yang dikenal melalui karya gaun pengantinnya ini juga menghiasi koleksinya kali ini dengan aplikasi yang terinspirasi bunga mawar.



"Desert rose merupakan crystal indah yang terbentuk dari penguapan pasir dan deburan angin dan uap air di padang pasir. Crystal desert rose membentuk kelopak bunga mawar yang menjadi aplikasi padagaun- gaun koleksi OASE. Ini dibuat untuk mewujudkan impian wanita yang menyukai keindahan bunga, anggun, classy dalam trend warna rustic dan natural," tambahnya.

Barli Asmara Hingga ETU Rilis Busana Terinspirasi Bunga di MUFFEST 2020Foto: Gresnia/Detikcom



Ayu mengatakan lagi, dia menggunakan material cotton cupra japan dan jacquard, yang ia bordir dan tata sehingga menjadi 3D emroidery sebagai tatanan crystal desert rose yang khas pada gaun-gaunnya.

Rahma sebagai perwakilan dari Restu Anggraini menjelaskan ETU kali ini mempersembahkan koleksi yang terinspirasi dari kekayaan sejarah Indonesia. ETU terinspirasi dari awal pembagunan kota Jakarta.

"Koleksi yang akan ETU tampilkan kali ini adalah tentang awal pembangunan kota Jakarta sebagai ibukota negara. ETU beri tajuk "The Clover Code". Clover leaf atau yang artinya daun semanggi, dikenal sebagai daun keberuntungan. Daun yang memiliki bentuk berupa empat bulatan yang menyatu di bagian tengah tangkai ini diangkat sebagai desain jembatan layang tertua di Jakarta, yakni jembatan Semanggi yang dibangun oleh masa presiden Soekarno di era 60-an," jelasnya.

Barli Asmara Hingga ETU Rilis Busana Terinspirasi Bunga di MUFFEST 2020Foto: Abduh/Detikcom



Rahma menjabarkan koleksi kali ini sengaja menggambarkan kota Jakarta dalam motif cerak dan dengan daun semanggi. Kedua motif ini kemudian diimplementasikan ke dalam bahan satin berpalet lembut seperti moss green, abu-abu gelap, putih gading, wearhered espeesso, light gold, dan evening sand yang bernuansa feminim.

Desainer selanjutnya adalah KAMI yang akan mempersembahkan koleksi bernama Cadiya. Cadiya diambil dari kata Arkadia dan memiliki makna orang yang sederhana dan bahagia.



Nadya Karina, Creative Director dan Co-founder of Kami menceritakan jika koleksi kali ini mengangkat dua elemen yaitu garis dan bunga melati. Aksen bunga melati disebutnya melambangkan kemurnian. Selain itu bunga melati juga dipakai untuk acara dan upacara khusus.

Barli Asmara Hingga ETU Rilis Busana Terinspirasi Bunga di MUFFEST 2020Foto: Abduh/Detikcom



"KAMI memadukan warna terracota, salmon, dan beige dengan sage, navy dan torquise. Tampilan koleksi Cadiya terdiri dari 14 look yang kombinasi dari atasan, bawahan, luaran serta dress," ujarnya.

Barli Asmara Hingga ETU Rilis Busana Terinspirasi Bunga di MUFFEST 2020Foto: Abduh/Detikcom



Dan desainer terakhir dalam fashion show Wardah di MUFFEST 2020 ini adalah Barli Asmara. Dalam koleksi busananya kali ini Barli Asmara memilih tema yang bertajuk Neelakurinji.

"Saya kepingin signature looknya India, bunga yang tumbuhnya 12 tahun sekali. Neelakurinji adalah keindahan dan keunikan bunga yang sangat langka dan hidup di pegunungan sebelah barat di India yang hanya dapat mekar dalam 12 tahun sekali," ungkap Barli.



Simak Video "Brand Busana Muslim Milik Artis Mejeng di Muffest 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)