Ini Arti Syafakillah, Kata yang Sering Diucapkan ke Orang Sakit

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 28 Jan 2020 11:37 WIB
A young beautiful Muslim doctor is using a stethoscope to listen to the patients heartbeat at the bed in the hospital examination room. Arti syafakillah, syafakallah, syafahallah, dan syafahullah. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Saat ada seseorang yang sakit, para selebgram hijab di Instagram kerap mengucapkan kata syafakillah. Apa arti syafakillah?

Syafakallah, syafakillah, syafahallah, dan syafahullah, menjadi kata-kata yang sering diucapkan sesama muslim ke mereka yang sedang sakit. Meski terdengar mirip satu sama lain, empat kata tersebut memiliki arti berbeda.

Wolipop merangkum arti Syafakillah, Syafakallah, Syafahallah, dan Syafahullah yang kerap diucapkan kepada seseorang yang sedang sakit. Berikut ini penjelasannya:

- Syafakallah
Syafakallah (bahasa Arab ; شفاك الله ) diucapkan apabila yang sedang sakit tersebut adalah laki-laki tunggal atau satu orang yang diajak bicara. Arti syafakallah adalah Semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya, dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya.


- Syafakillah
Syafakillah (bahasa Arab ; شفاك الله ) diucapkan apabila yang sedang sakit tersebut adalah wanita tunggal yang diajak bicara. Arti syafakillah adalah semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya, dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya.

Lalu, bagaimana dengan syafahullah dan syafahallah? Kedua kata ini memiliki makna yang sama, yaitu do'a yang ditujukan kepada orang sedang sakit. Namun perbedaannya dengan syafakallah dan syafakillah, syafahullah dan syafahallah diucapkan jika kamu mendengar kabar atau informasi dari kerabat dan keluarga yang sedang sakit, bukan langsung dari orang yang sakit.



- Syafahullah
Syafahullah dalam bahasa Arab : شفاه الله dan ditujukan kepada laki-laki yang kamu dengar kabarnya sedang sakit. Arti syafahullah adalah semoga Allah menyembuhkannya. Kata ini di tujukan kepada laki-laki.

- Syafahallah
Syafahallah dalam bahasa Arab; شفاها الله dan ditujukan kepada wanita yang kamu dengar kabarnya sedang sakit. Arti syafahallah semoga Allah menyembuhkannya.

Bagaimana, sudah tahu bedanya arti syafakallah, syafakillah, syafahallah, dan syafahullah? Jangan salah pengucapannya lagi ya.





Simak Video "Kegiatan #dirumahaja: Bikin Kerajinan Oshie Khas Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)