Peduli Pendidikan, Chaca Frederica Buka Sekolah untuk Anak Kurang Mampu

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 29 Okt 2019 16:40 WIB
Chaca Frederica. Foto: gresnia/wolipop Chaca Frederica. Foto: gresnia/wolipop

Jakarta - Popularitas memang bisa mendatangkan banyak keuntungan dari segi finansial. Tapi tidak hanya itu, memiliki nama yang terkenal juga bisa dimanfaatkan untuk membantu sesama.

Seperti yang dilakukan artis Chaca Frederica. Wanita yang pernah membintangi sinetron 'Kisah Kasih di Sekolah' bersama Marshanda ini menunjukkan kepeduliannya terhadap anak-anak kurang mampu dengan mendirikan sekolah gratis.

Chaca bercerita kalau dia pernah membuka sekolah gratis di depan rumahnya agar anak-anak yang kurang mampu juga bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Meskipun saat ini sekolah tersebut akhirnya berbayar, namun ia tidak mematok biaya yang pasti.

Peduli Pendidikan, Chaca Frederica Buka Sekolah untuk Anak Kurang MampuFoto: gresnia/wolipop

"Satu tahun ini sudah mulai berbayar hanya karena mereka lebih tanggung jawab, karena sekarang sudah dipegang yayasan. Itu pun bayar per bulannya sesuai kemampuan orangtuanya. Jadi kita tidak pernah ada paksaan," kata wanita 30 tahun ini saat ditemui di bilangan Jakarta Selatang, Senin (28/10/2019).

Menurut Chaca membantu sesama yang membutuhkan tidak harus menunggu sampai kita bergelimang harta atau menjadi penguasa. Kegiatan sosial bisa dilakukan kapan saja asalkan ada kemauan dan komitmen untuk menjalankannya.

"Aku selalu menanamkan begini, 'Kamu itu tidak harus selalu menjadi seorang menteri atau presiden untuk bisa mempunya efek yang bagus buat negeriini. Kamu ya jadi diri kamu sendiri. Apa yang bisa kamu lakukan maksimal untuk tetangga kamu minimal, sekitar lingkungan RT dan RW Insyaallah itu akan ada berkahnya," tuturnya.

Peduli Pendidikan, Chaca Frederica Buka Sekolah untuk Anak Kurang MampuChaca Frederica. Foto: gresnia/wolipop

Wanita lulusan Administrasi Bisnis dari Swiss German University ini memang sangat peduli dengan dunia pendidikan. Untuk itu dia akan menyambut baik jika ada brand atau perusahaan yang mengajaknya bekerjasama sebagai brand ambassador untuk melakukan kegiatan atau CSR yang berhubungan dengan edukasi.

"CSR itu harus dialokasikan dan kelola dengan baik yang mempunya dampak besar. Ada konsepnya. Ada berkah dan manfaat untuk orang lain," cap Chaca yang memutuskan berhijab sejak satu tahun lalu.

Pinangan dari Elzatta Hijab untuk menjadi duta produk dan ikut aktif dalam kegiatan CSR pun ia terima. Terhitung sudah satu tahun ia bekerjasama dengan brand busana muslim itu.

"CSR-nya Elzatta ini untuk memberdayakan manusia Indonesia dalam pendidikan agar lebih berkualitas. Aku lihat Elzatta punya satu pesantren dan dibangun di Sumatera Barat. Kalau Elzatta lebih besar, kalau aku kemampuannya hanya segini," pungkas Chaca.




Simak Video "Lipstik Pixy Make It Glow Series Bikin Jatuh Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/hst)