Kisah Inspiratif Farah, Hijabers dengan Wajah Rusak Akibat Scleroderma

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 27 Agu 2019 11:41 WIB
Foto: instagram @farahkhaleck Foto: instagram @farahkhaleck

Jakarta - Selama 14 tahun wanita berhijab bernama Farah Khaleck mengidap penyakit Scleroderma, yaitu gangguan autoimun langka yang bisa menyebabkan pengerasan kulit. Farah mulai mengalami gejala penyakit itu sejak remaja dengan warna kulitnya yang menghitam.

Wanita berusia 32 tahun itu lalu mengalami pembengkakan di wajah. Lama kelamaan kulit wajahnya menjadi rusak, kondisinya kaku dan keras.

"Penyakit Scleroderma sangat mengubah hidupku, mengubah secara drastis 360 derajat. Aku benci melihat cermin, aku membenci diriku sendiri dan bertanya "siapa aku?," kata Farah.

Kisah Inspiratif Farah, Hijabers dengan Wajah Rusak Akibat SclerodermaFoto: instagram @farahkhaleck


Farah pun memutuskan untuk mengenakan jilbab dari tujuh tahun yang lalu. Dia merasa lebih cantik dengan penampilannya kini.

"Aku mencintai apa yang kulihat, ini aku yang cantik dan menakjubkan," katanya.

Farah yang berasal dari Nairobi, Kenya kini dikenal sebagai influencer yang menginspirasi melalui advokasinya mengenai citra positif pada tubuh. Pengikutnya di Instagram mencapai lebih dari 17 ribu.

"Aku mulai posting di media sosial dengan kebalikan ku kini. Aku mengambil gambar dari sangat jauh dan menambahkan filter. Aku tidak akan pernah menunjukkan tanganku," ucapnya.

Kisah Inspiratif Farah, Hijabers dengan Wajah Rusak Akibat SclerodermaFoto: instagram @farahkhaleck


Menderita Scleroderma, Farah kesulitan mendapatkan pekerjaan karena dia mengalami keterbatasan untuk bergerak. Pada akhirnya karena lebih banyak di rumah, dia mulai mencoba menulis blog.

"Itu menjadi saluran bagiku untuk mengekspresikan diri. Biasanya aku hanya di rumah, aku tidak punya teman dan kehidupanku sangat membosankan. Aku kemudian menemukan beberapa blog dan aku hanya seperti "woah ini adalah sesuatu? Aku ingin nge-blog juga," kisahnya.

Farah senang melalui blog dia bisa mendapatkan teman-teman baru. Dia juga dikirimi banyak pesan yang mendukungnya untuk terus berkarya.

Farah pun menggunakan blog dan akun Instagramnya untuk mendorong wanita lainnya merayakan kecantikan diri mereka apapun kondisinya. Dia berharap suatu hari nanti juga dapat membuat yayasan untuk orang-orang yang tidak mampu dan tidak memiliki akses pada pengobatan yang mahal untuk kondisi penyakit langka.

Kisah Inspiratif Farah, Hijabers dengan Wajah Rusak Akibat SclerodermaFoto: instagram @farahkhaleck


Simak Video "Viral! Pemain Sepakbola Wanita Lindungi Lawan yang Hijabnya Terlepas"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)