Pemadam Kebakaran Berhijab Cantik Curi Perhatian di Kanada

Silmia Putri - wolipop Kamis, 16 Mei 2019 04:45 WIB
Pemadam kebakaran cantik dari Kanada. Foto: Instagram/avg.x.o Pemadam kebakaran cantik dari Kanada. Foto: Instagram/avg.x.o

Jakarta - Anggota pemadam kebakaran didominasi oleh pria. Tak heran, jika pemadam kebakaran berhijab di Kanada, Amber Von Grat menjadi perhatian besar. Ia pun menjadi hijabers pertana yang menjadi pemadam kebakaran di sana.

Amber diterima sebagai anggota pemadam kebakaran di Parkland Country Fire Department. Brian Corndforth selaku pemimpin di departemen tersebut mengaku recruitment dibuat terbuka untuk semua kalangan, tak melihat agama atau ras.

"Tak masalah apapun agamamu, rasmu, budayamu, selama bisa ikut serta dalam komunitas ini, memiliki respons yang baik untuk bencana kebakaran, dan bisa beradaptasi dengan baik, kami terbuka," tutur Brian kepada 660 News.



Pemadam Kebakaran Berhijab Cantik Curi Perhatian di KanadaAmber, pemadam kebakaran berhijab pertama di Kanada. Foto: Youtube 660 News


Di lapangan, Amber mengaku cukup tertantang memakai hijab. Ada beberapa hijab yang tidak bisa dipakai karena takut meleleh terkena panas dari api.

Tak hanya hijabnya, ia pun harus memikirkan busana yang menutupi seluruh tubuhnya ditambah dengan kostum pemadam kebakaran yang cukup berat. Namun, ia konsisten dan terus mencari cara agar tetap bisa tampil berhijab.

Pemadam Kebakaran Berhijab Cantik Curi Perhatian di KanadaAmber, pemadam kebakaran berhijab di Kanada. Foto: Instagram/avg.x.o


"Aku ingin menginspirasi banyak perempuan untuk tidak takut, apapun agamamu, dari mana kamu berasal, atau peran apa yang kamu inginkan," tutur Amber kepada 660 News.

Kini, Amber juga telah menulis buku berjudul Dare to Dream. Meski pemadam kebakaran berhijab cukup mudah ditemukan di negara mayoritas muslim seperti Malaysia dan Brunei Darussalam, keberanian Amber untuk mendobrak stereotipe menuai banyak kekaguman
(sil/sil)