Mau Jual Hijab Tapi Tak Punya Modal? Ini Solusi dari Bekraf

Silmia Putri - wolipop Jumat, 10 Mei 2019 19:02 WIB
Bekraf resmi luncurkan MFFF. Foto: Agung Pambudhy Bekraf resmi luncurkan MFFF. Foto: Agung Pambudhy

Jakarta -

Industri hijab jadi salah satu lahan primadona di era ini. Survey BPS mencatat kategori 'fashion' memberikan kontribusi terbesar kedua pada PDB ekonomi kreatif 2016, yakni sebesar 18,01% atau senilai Rp 166 triliun.

Banyak miliuner muda lahir dari hasil berjualan hijab. Sebut saja pemilik Vanilla Hijab dan Mayoutfit yang memiliki omzet miliaran saat masih duduk di bangku kuliah. Ada pula Diajeng Lestari yang membangun e-commerce busana muslim pertama di Indonesia saat usianya masih 25 tahun.

Berjualan hijab memang tampak menjanjikan di era ini. Namun membangun brand hijab tetap memerlukan modal yang tak hanya uang, tapi juga keterampilan dan jaringan yang kuat.

Mau Jual Hijab Tapi Tak Punya Modal? Ini Solusi dari BekrafBekraf meluncurkan program pemodalan untuk pebisnis busana muslim.Foto: Silmia Putri/Wolipop

Untuk mendukung tumbuhnya industri modest fashion yang berkualitas, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) meluncurkan sebuah program bernama Modest Fashion Founders Fund (MFFF) bekerja sama dengan enam perbankan syariah yaitu Bekraf dalam kegiatan ini yaitu Bank Muamalat, Bank Negara Indonesia Syariah, Bank Rakyat Indonesia Syariah, Bank Syariah Mandiri, BTPN Syariah, Maybank Syariah dan Panin Dubai Syariah.

Program ini terbuka untuk seluruh modest brand dan desainer di Indonesia. Pendaftaran bisa langsung dilakukan di website resmi MFFF. Hanya akan ada 20 peserta yang terpilih dan mendapatkan pelatihan dan pemodalan dari Bekraf

"Peserta terpilih itu akan mendapatkan empat hal di MFFF. Pertama, yaitu pembinaan dan pendampingan berupa wokshop lanjutan hingga networking. Kedua, akselerasi. Mereka akan diikutsertakan dalam program-program Bekraf. Ketiga, product channeling, brand mereka akan masuk ke dalam marketplace Markamarie dan dijual secara global. Keempat, yaitu pemodalan. Mereka akan mendapatkan dukungan pembiayaan dari perbankan syariah," ungkap Yuke Sri Rahayu selaku Direktur Akses Perbankan Bekraf.

Mau Jual Hijab Tapi Tak Punya Modal? Ini Solusi dari BekrafBekraf resmi meluncurkan MFFF. Foto: Silmia Putri/Wolipop

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 9 Mei 2019 dan ditutup pada 10 Juni 2019. Persyaratannya cukup mudah, yakni brand harus telah berjalan minimal selama enam bulan saja.

"Mereka yang terpilih berhak mendapat akses permodalan bank untuk mengembangkan bisnis secara lokal maupun internasional. #Markamarie akan bertindak sebagai agen internasional untuk 2 brand terpilih serta menempatkan mereka di saluran penjualan dan promosi di berbagai negara," tutup Franka Soeria selaku founder Markamarie.




(sil/sil)