Cara Cegah Kulit Belang Karena Berhijab, Nggak Susah Kok

Silmia Putri - wolipop Rabu, 13 Mar 2019 14:34 WIB
Cara atasi kulit belang karena berhijab. Foto: Katsiaryna Endruszkiewicz/Unsplash Cara atasi kulit belang karena berhijab. Foto: Katsiaryna Endruszkiewicz/Unsplash

Jakarta - Kulit belang jadi salah satu masalah bagi perempuan berhijab. Warna kulit wajah yang tidak rata tersebut muncul akibat paparan sinar matahari yang tidak rata karena sebagian wajah tertutupi.

Memiliki kulit belang tentu tidak menyenangkan. Namun, kamu tetap bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan cara yang mudah. Bagaimana caranya mengatasi kulit belang karena berhijab?


1. Hindari pemakaian hijab yang 'ketat' di wajah.

Salah satu penyebab warna kulit belang adalah pemakaian hijab yang terlalu 'ketat' di wajah. Saat merekatkan hijab di bawah dagu, usahakan untuk memberikan rongga agar kulit tidak tertekan. Pemakaian hijab seperti ini juga berlaku untuk hijab instan. Jangan memakai hijab instan dengan ukuran wajah terlalu sempit.
Cara Cegah Kulit Belang Karena Berhijab, Nggak Susah KokMemilih hijab yang lembut dengan penggunaan yang tidak terlalu ketat di wajah dapat mencegah kulit belang. Foto: Instagram/parte.co

2. Memakai hijab berbahan ringan

Pemilihan bahan hijab juga memengaruhi kondisi kulit. Hijab yang membuat gerah akan membuat kulit cenderung kemerahan atau malah kusam. Pilih jenis hijab yang ringan seperti voile atau katun paris.

3. Rutin memakai masker susu
Cara Cegah Kulit Belang Karena Berhijab, Nggak Susah KokMasker bisa dibuat dari susu. Foto: iStock

Susu dapat membantu proses eksfoliasi pada kulit sehingga lebih halus dan cerah. Campurkan susu UHT dengan madu lalu gunakan sebagai masker selama 10-15 menit lalu bersihkan.

4. Rutin memakai serum

Selain masker, penggunaan serum juga membantu mencerahkan wajah. Pilih kandungan aktif seperti retinol dan salicylic acid untuk mempercepat proses regenerasi kulit.

5. Memakai Sublock

Agar warna kulit merata, penggunaan sunblock juga sangat berpengaruh. Pilih sublock sesuai dengan jenis kulitmu dan berapa lama kamu terpapar di bawah sinar matahari. (sil/sil)