Diduga Ada Lafadz Allah di Sol Sepatu Nike, Netizen Buat Petisi

Silmia Putri - wolipop Selasa, 29 Jan 2019 17:06 WIB
Diduga ada lafadz Allah pada sepatu Nike. Foto: Twitter Diduga ada lafadz Allah pada sepatu Nike. Foto: Twitter

Jakarta - Label produk olahraga Nike jadi perbincangan hangat di media sosial karena diduga menyematkan lafadz Allah pada sepatu Nike Air Max 270. Tepatnya di bagian sol sepatu.

Tulisan yang diduga lafaz Allah dalam bahasa Arab itu terdapat pada tulisan latin Air Max yang ditulis dengan font khusus. Banyak netizen yang merasa hal itu merupakan penghinaan terhadap Tuhan dalam agama Islam.

"Kenapa Nike menjual sepatu yang dengan jelas tertulis lafadz Allah dalam bahasa Arab? Hentikan penjualan sepatu itu. Memuakkan dan mengerikan," tulis salah satu pengguna Twitter.

Diduga Ada Lafadz Allah di Sol Sepatu Nike, Netizen Buat PetisiDiduga Ada Lafadz Allah di Sol Sepatu Nike, Netizen Buat Petisi. Foto: Twitter


Resah dengan keadaan tersebut, seorang muslim bernama Saiqa Noreen mengajukan petisi agar Nike menarik penjualan sepatu Nike Air Max 270 dari peredaran dan desain sepatu tersebut diganti. Petisi itu viral dan ditandatangani lebih dari 8000 orang.

"Kami juga memohon pengawasan ketat pada produk (Nike) sebelum memasuki pasar. Saya mendorong semua muslim dan setiap orang yang respek dengan kebebasan beragama untuk menandatangani petisi ini," tulis Saiqa Noreen dalam petisi tersebut.

Diduga Ada Lafadz Allah di Sol Sepatu Nike, Netizen Buat PetisiDiduga Ada Lafadz Allah di Sol Sepatu Nike, Netizen Buat Petisi. Foto: Dok. Change org


Ini bukan pertama kalinya Nike dihujat karena tulisan lafadz Allah. Tahun 1997, produk NIKE Air Bakin GS juga jadi perbincangan hangat karena diduga menyematkan lafadz Allah di bagian belakang sepatu.

Menurut pihak Nike, tulisan itu adalah 'Air' dengan kreasi font yang dibuat seperti tulisan Arab. Namun, karena hujatan yang diterima cukup keras dari umat muslim, Nike pun menarik penjualan Nike Air Bakin GS dari penjualan.
(sil/sil)